Ditipu Pacar, Seorang Kakek Nyaris Kehilangan Rp1,5 Miliar

Ilustrasi penipuan.
Sumber :
  • IndiaToday

VIVA Dunia – Baru-baru ini seorang kakek asal Singapura berusia 70 tahun-an hampir saja kehilangan uangnya sebesar SGD 150.000 atau setara sekitar Rp1,5 miliar. Aksi tersebut berhasil digagalkan oleh staf Bank UOB yang cerdas seperti yang dilansir dari World of Buzz.

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal di Dunia

Kronologi peristiwa ini diawali ketika sang kakek kebingungan memasuki Bank UOB Cabang Raffles Place, Singapura. Ia mencoba memasukkan cek lebih dari SGD 150.000 ke rekening luar negeri. 

ilustrasi uang.

Photo :
  • U-Report
Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan

Ketika karyawan rekanan layanan Jenny Hong melihat bahwa nama pemilik rekening dan nomor rekening tidak cocok, dia curiga. 

Jenny bertanya kepada si kakek mengapa ia perlu mentransfer uang ke rekening luar negeri yang membuatnya gelisah. 

Penjelasan BI soal Layanan Alipay Mau Masuk Indonesia

“Aneh karena ia mencoba memasukkan uang dalam jumlah besar ke rekening yang bukan miliknya. Ia terus mengatakan itu sangat mendesak dan ketika saya bertanya lebih banyak tentang hal itu, jawabannya semakin tidak jelas,” kata Jenny.

Ilustrasi penipuan

Photo :
  • U-Report

Kemudian Jenny melaporkan kejadian tersebut kepada Asisten Manajer Cabang yaitu Alison Cheng. 

“Dia bilang uang itu untuk pacarnya di Belanda,” ujar Alison.

Lalu sang kakek yang tidak disebutkan namanya itu menceritakan kepada Alison bahwa ia baru saja bertemu dengan sang pacar melalui Facebook dan mengenalnya selama 2 bulan.

Alison menyatakan, “dia mengatakan kepada saya bahwa dia baru saja bertemu dengannya di Facebook dan mengenalnya dua bulan. Dia bersikeras dia (sang pacar) membutuhkan uangnya untuk menyelesaikan kesepakatan bisnis dan mendapatkan komisi dari si pacar.”

Kemudian Alison meyakinkan si kakek bahwa ia ditipu dan membujuknya untuk menghentikan transaksi. Namun si kakek masih tetap bersikukuh kalau dirinya tidak terjebak penipuan

Berkat kesabarannya, Alison berhasil mengubah pikiran kakek itu setelah setengah jam menjelaskan kepadanya tentang penipuan. Ia akhirnya mengerti bahwa ia hampir menjadi korban penipuan bermodalkan cinta di internet. Lalu sang kakek pun membuat laporan polisi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya