Kedubes Rusia Diserang Bom Molotov, Dubes Kanada Dipanggil

Ilustrasi bendera Rusia.
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA Dunia – Kementerian Luar Negeri Rusia memanggil duta besar Kanada, dan menyampaikan protes atas serangan terhadap Kedutaan Besar Rusia di Ottawa, kata Kemenlu Rusia pada Senin 19 September 2022. Pihaknya mengatakan bahwa seorang tak dikenal melempar bom molotov yang berisi bensin ke halaman Kedubes Rusia di Ottawa.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Kemlu Rusia juga mengatakan sejumlah pengunjuk rasa "agresif" memblokir pintu masuk ke konsuler kedubes. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Kanada Melanie Joly mengatakan kekerasan dan vandalisme tidak dapat diterima dan otoritas terkait kini sedang menyelidiki insiden tersebut.

"Kami tahu bahwa warga Kanada syok dengan gambar terbaru dari Izium," kata juru bicara Menlu Kanada, Adrien Blanchard, lewat pernyataan.

Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina

Kuburan massal ditemukan di Izium, Ukraina

Photo :
  • AP Photo/Evgeniy Maloletka)

"Itulah mengapa kami tidak akan menyia-nyiakan upaya apa pun untuk meminta (Presiden Rusia Vladmir) Putin dan kaki tangannya bertanggung jawab atas kejahatan perang mereka."

Houthi Tuding Arab Saudi hingga Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan

Pejabat Ukraina pekan lalu mengungkapkan telah menemukan 440 jasad di hutan dekat Izium, yakni kota di timur laut Ukraina yang berhasil direbut kembali dari pasukan Rusia awal September. Pada saat itu terjadi serangan balasan di wilayah Kharkiv. Menurut mereka, sebagai besar jasad adalah warga sipil.

Kremlin pada Senin membantah tuduhan bahwa pasukan Rusia telah melakukan kejahatan perang di Provinsi Kharkiv, Ukraina, dan menyebutnya sebuah "kebohongan". (Ant/Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya