Video Ratu Elizabeth II Bersulang untuk Rakyat Indonesia Muncul

Presiden SBY saat menghadiri acara Yang diadakan Kerajaan Inggris
Sumber :
  • YouTube/Tiktok

VIVA Dunia – Potongan video jamuan kenegaraan untuk Indonesia di Istana Buckingham, London, Inggris yang berlangsung pada 31 Oktober 2012 silam yang dihadiri oleh Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) muncul di media sosial (medsos). Dalam jamuan tersebut dipimpin langsung oleh Ratu Inggris Elizabeth II.

Mimpi Jakarta LavAni Hattrick Juara Proliga

Jamuan itu dihadiri lengkap oleh anggota keluarga utama Kerajaan Inggris seperti Pangeran Philip kemudian Putri Anne dan Pangeran Charles yang kini bergelar Raja Charles III. Dalam kesempatan itu diperdengarkan pula lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Mahkota, bola dan tongkat Ratu Elizabeth II di atas peti jenazah

Photo :
  • Dominic Lipinski/Pool via AP
AHY Diskusi dan Konsultasi dengan SBY soal Situasi Politik setelah Putusan MK

Dikutip dari akun YouTube The Royal Family, Ratu Elizabeth II pada momen itu mempersilakan Presiden SBY berdiri dan kemudian mendapat apresiasi sikap respek dari hadirin yang hadir.

Ratu Elizabeth II juga menyinggung soal kunjungannya pada tahun 1974 bersama dengan sang suami Pangeran Philip. Pada masa yang semakin modern Ratu juga menyebut bahwa Indonesia sudah sangat berubah menjadi negara yang mandiri dan semakin kuat terlebih perkembangan dalam hal demokrasinya. Pula ekonomi yang makin berkembang pesat.

Klarifikasi Isu Koalisi Prabowo Bergejolak soal Jatah Menteri, Sekjen Gerindra Bilang Begini

"Mari kita berdiri dan bersulang bagi Presiden dan rakyat Indonesia," kata Ratu di akhir kalimatnya dan sejurus kemudian lagu Indonesia Rayu diperdengarkan dengan musik yang mendayu dan khidmat.

Ratu Elizabeth II berada di kereta kehormatan

Photo :
  • AP Photo/Frank Augstein

Seluruh hadirin berdiri dengan sikap sempurna di meja panjang melingkar yang bertaplak putih dan disusun dengan bentuk segi empat. Presiden SBY sendiri mengambil tempat di sebelah Ratu Elizabeth II dan Putri Kerajaan Inggris Anne.

Potongan video yang beredar di Tiktok dan disadur dari YouTube itu kemudian dikomentari para netter. Tak sedikit yang merasa bangga dengan lagu kebangsaan yang diperdengarkan di Istana Buckingham.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya