Eks Penulis Elle Berencana Gugat Donald Trump Atas Tuduhan Pemerkosaan

Mantan kolumnis majalah Elle E. Jean Carroll.
Sumber :
  • Seth Wenig/AP.

VIVA Dunia – Seorang penulis berencana menggugat mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Mantan kolumnis majalah Elle E. Jean Carroll menuduh Donald Trump pernah memperkosa dirinya lebih dari 25 tahun lalu dan berencana mengajukan gugatan baru terhadap Trump.

Donald Trump Ketiduran saat Jalani Sidang Kasus Suap

Dalam surat yang dibuka ke publik pada Selasa 20 September 2022, pengacara Carroll mengatakan kliennya berencana menggugat Trump berdasarkan Undang-Undang Penyintas Dewasa Negara Bagian New York.

UU yang baru saja ditandatangani oleh Gubernur Kathy Hochul itu memberikan waktu satu tahun kepada penuduh dewasa untuk mengajukan gugatan atas dugaan pelanggaran seksual, terlepas dari berapa lama kejadian itu telah berlalu.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Donald Trump belum menyerah dalam Pilpres AS.

Photo :
  • vstory

Trump telah membantah memperkosa Carroll dan menuduhnya mengarang tuduhan pemerkosaan itu untuk menjual bukunya.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

Pengacara Carroll, Roberta Kaplan, mengatakan kliennya berencana menggugat Trump pada 24 November ketika UU negara bagian itu mulai berlaku. Dia juga mengatakan bahwa gugatan itu dan kasus yang dihadapi Carroll atas pencemaran nama baik Trump dapat disidangkan bersama pada Februari 2023.

Alina Habba, seorang pengacara Trump, mengatakan mantan presiden itu "dengan tegas" menolak menggabungkan kedua kasus tersebut. Dia juga mengatakan bahwa mengajukan gugatan baru "sangat merugikan" kliennya.

"Mengizinkan penggugat untuk secara drastis mengubah lingkup dan materi kasus itu pada saat ini akan sangat merugikan hak-hak terdakwa. Permohonan penggugat harus diabaikan seluruhnya," kata Habba.

Surat Kaplan bertanggal 8 Agustus dan surat Habba 11 Agustus. Kedua surat itu dibuka ke publik pada Selasa sore. (Ant/Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya