4 Juta Orang Evakuasi Mandiri Akibat Topan Nonmadol di Jepang

Badai tropis menyebabkan hujan lebat dan angin kencang di Tokyo, Jepang.
Sumber :
  • AP/Eugene Hoshiko.

VIVA Dunia – Empat juta orang mengungsi dari rumah mereka di Jepang selatan ketika Topan Nonmadol yang kuat menghantam pantai, dan menghantam wilayah itu dengan angin kencang dan hujan lebat. Topan tropis tersebut telah menyebabkan pemadaman listrik serta melumpuhkan transportasi darat dan udara.

Ibu dan Dua Anak Tertimbun Longsor di Garut, Petugas Kesulitan Lakukan Evakuasi

Badan Meteorologi Jepang mengatakan Topan Nanmadol sedang menuju utara setelah memporak-pondakan kota Kagoshima di pulau utama selatan Jepang Kyushu. 

Melansir dari Independent, Rabu, 21 September 2022, topan membawa angin berkecepatan maksimum 162 km per jam, yang diperkirakan akan mencapai Tokyo besok. Badan cuaca memperkirakan curah hujan sebanyak 50 cm dan memperingatkan banjir dan tanah longsor.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Badai tropis menumpahkan hujan lebat dan angin kencang di Tokyo, Jepang.

Photo :
  • AP/Eugene Hoshiko.

Mereka juga memperingatkan penduduk di daerah yang terkena dampak angin kencang dan gelombang untuk mengungsi lebih awal.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Peringatan badai dan gelombang tinggi berlaku di Kagoshima, di mana penduduk diminta untuk tinggal di dalam gedung yang stabil di lantai dua atau lebih tinggi, jika itu dianggap sebagai pilihan yang lebih aman daripada pergi ke pusat evakuasi.

Lebih dari 12.000 orang berlindung di pusat-pusat evakuasi. Di negara tetangga Miyazaki, sekitar 8.000 orang telah meninggalkan rumah mereka.

Ratusan penerbangan domestik masuk dan keluar dari wilayah tersebut telah dibatalkan, dan lebih banyak lagi yang direncanakan akan dilarang terbang di Jepang barat, ketika topan menuju timur laut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya