Seorang Demonstran Bakar Diri di Dekat Kantor PM Jepang

Kantor perdana menteri Jepang.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Dunia – Seorang pria yang memprotes pemakaman kenegaraan bagi mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe membakar dirinya sendiri di dekat kantor perdana menteri, TV Asahi melaporkan pada Rabu 21 September 2022.

Datang ke Pemakaman Ibunya, Angger Dimas Berterima Kasih Pada Tamara Tyasmara dan Keluarga

Menurut laporan itu, pria tersebut tidak sadarkan diri dan seorang polisi yang berusaha memadamkan api ikut terluka. Keduanya lalu dibawa ke rumah sakit.

Abe dibunuh pada 8 Juli dan pemakamannya akan digelar secara kenegaraan pada 27 September. Sekitar 6.000 orang dari Jepang dan luar negeri diperkirakan akan menghadiri pemakaman itu.

Detik-detik Bharada Richard Eliezer Pindah Agama Jelang Menikah dengan Ling Ling

Mobil yang mengangkut jenazah Shinzo Abe di Tokyo melewati kerumunan

Photo :
  • AP Photo/Hiro Komae

Namun, penentang acara kenegaraan tersebut semakin banyak setelah pembunuhan itu mengungkap kaitan antara Partai Demokratik Liberal yang berkuasa dan Gereja Unifikasi yang kontroversial.

Ibunda Angger Dimas Meninggal Dunia, Tamara Tyasmara Kenang Momen Kebersamaannya

Tersangka pembunuh Abe mengatakan Gereja Unifikasi telah membuat ibunya bangkrut dan dia merasa sang mantan PM mendukung gereja itu.

Mayoritas warga Jepang kini menentang pemakaman itu. Protes-protes rencananya akan digelar menjelang acara itu dan pada hari pelaksanaan. Situasi tersebut telah menurunkan dukungan bagi PM Fumio Kishida. (Ant/Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya