Putin Batuk Parah Saat Mau Umumkan Mobilisasi sampai Menunda Siaran

Presiden Putin saat melakukan siaran umumkan mobilisasi parsial militer
Sumber :
  • Russian Presidential Press Service via AP

VIVA Dunia – Kabar mengenai kesehatan Presiden Rusia Vladimir Putin yang tidak baik-baik saja mengemuka lagi. Hal itu muncul setelah dikabarkan siaran televisi yang menayangkan Putin mengumumkan mobilisasi tentara cadangan seharusnya dilakukan Selasa, 20 September 2022 namun menjadi Rabu, 21 September 2022. Hal itu terjadi lantaran Putin mengalami dada sakit dan sesak hingga batuk parah sebelum siaran pada jadwal awal Selasa pekan ini.

Demi Alasan Keamanan, Polandia Siap Tampung Senjata Nuklir NATO

Dokter kemudian disebut sempat dipanggil dan siaran pengumuman dari Putin akhirnya ditunda hingga 13 jam lamanya sebagaimana diberitakan Mirror, Rabu 21 September 2022.

Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pidatonya

Photo :
  • Gavriil Grigorov, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP
Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

Dalam pengumuman lewat siaran televisi itu Putin mengatakan akan melakukan mobilisasi parsial tentara cadangan ke Ukraina sebanyak 300.000 orang. Hal itu merupakan mobilisasi yang dilakukan Rusia setelah sekian lama tak dilakukan dan terakhir terjadi mobilisasi tentara pada masa Perang Dunia II.

Dinilai mobilisasi ini tak lepas dari upaya Putin untuk mengamankan wilayah-wilayah yang sedang dikuasai militer Rusia di selatan dan timur Ukraina dan ingin segera menganeksasinya.

Kerjasamanya dengan Iran dan Rusia Disebut Sumber Kejahatan oleh AS, China Murka

Tank Rusia yang dihancurkan dalam perang Ukraina dipamerkan

Photo :
  • AP Photo/Natacha Pisarenko

Namun siaran pengumuman itu tertunda lantaran Putin mendapat serangan batuk yang hebat dan hal itu juga ditunjukkan dalam unggahan di kanal Telegram General SVR.

Tiba-tiba Putin batuk terus dan akhirnya dokter didatangkan.

"Ketika Presiden sudah masuk dan akan direkam untuk disiarkan dia mulai batuk dan terus-menerus. Percobaan beberapa kali untuk perekaman dilakukan namun gagal karena batuk yang tak berhenti," disebutkan dalam keterangan di kanal Telegram.

Percobaan disebut dilakukan hingga 4 kali. Setelah dokter tiba, Putin disebut mengeluhkan sesak dadanya yang amat sangat. Pemimpin Rusia yang kini berumur 69 tahun itu belakangan memang sering disorot kondisi kesehatannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya