Warga Rusia Ramai-ramai Cari Cara Keluar dari Rusia

Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pidatonya
Sumber :
  • Gavriil Grigorov, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP

VIVA Dunia – Warga Rusia ramai-ramai menelusuri situs Google untuk mencari tahu cara meninggalkan Rusia. Pencarian topik tersebut terjadi menjelang pidato nasional dari Presiden Rusia Vladimir Putin, yang memunculkan spekulasi bahwa Moskow akan meningkatkan upaya perangnya di Ukraina.

Putin Resmi Dilantik Jadi Presiden Rusia, Lanjut Menjabat 6 Tahun Lagi

Penelusuran di Google "bagaimana caranya meninggalkan Rusia" melonjak bahkan menjadi Google trends, pada Selasa, 20 September 2022, menjelang pidato Putin yang sangat dinanti.

Pidato nasional Putin yang langka tiba-tiba dijadwal ulang pada Rabu, 21 September 2022, karena Kremlin telah mengisyaratkan akan menanggapi kerugian di Ukraina dengan pendekatan yang lebih agresif yang dapat mempengaruhi warga Rusia biasa.

Di Forum Parlemen MIKTA, Puan Ingatkan Krisis di Gaza Berdampak pada Stabilitas Global

Situs google.

Photo :
  • pixabay

Mozhem Obyasnit, yang didirikan oleh para pembangkang Rusia, menemukan bahwa pertanyaan Google tentang cara meninggalkan negara itu mencapai puncaknya pada pukul 18.00 waktu setempat.

Rusia Ngamuk dan Ancam Serang Instalasi Militer Inggris, Apa Sebabnya?

Penduduk Wilayah Khabarovsk, di timur jauh Rusia yang berbatasan dengan China, sangat tertarik untuk kabur dari negara itu.

"Orang-orang Rusia diberi waktu 12 jam, sehingga Google dapat menjawab semua pertanyaan, termasuk pertanyaan tentang berapa harapan hidup rata-rata seorang tentara Rusia di Ukraina," cuit Kementerian Pertahanan Ukraina.

Militer Rusia telah melihat masalah berkelanjutan dan kehilangan pasukannya, setelah menghadapi perlawanan kuat yang tak terduga dari Ukraina.

Bursa saham Rusia juga melemah pada hari Selasa, karena kekhawatiran penurunan ekspor energi dan kemungkinan mobilisasi massa untuk mengubah keadaan di Ukraina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya