Video Helikopter Alligator Rusia Ditembak Jatuh Ukraina

Helikopter serang Ka-52 bernama Alligator.
Helikopter serang Ka-52 bernama Alligator.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Dunia – Momen helikopter Ka-52 Alligator Rusia ditembak jatuh oleh Ukraina terekam dalam sebuah video. Hangusnya Alligator Rusia memberikan gambaran tentang salah satu kerugian terbaru Moskow dalam perang yang sedang berlangsung.

Video penembakan salah satu helikopter tercanggih Rusia itu dibagikan di Twitter oleh Kementerian Pertahanan Ukraina. Kementerian Ukraina mengatakan bahwa Garda Nasional Ukraina menembak jatuh pesawat itu menggunakan sistem pertahanan udara portabel-manusia (MANPADS) Igla.

Melansir dari Newsweek, Jumat, 23 September 2022, helikopter terlihat terbang di kejauhan tepat sebelum ditembak, dan kemudian oleng, lalu menabrak tanah.

Meskipun kementerian pertahanan tidak merinci kapan dan di mana Ka-52 dihancurkan, Pengawal Nasional Ukraina mengatakan pesawat itu ditembak jatuh pada Kamis, 22 September 2022, di front Zaporizhzhia.

Daftar kerugian Rusia

Daftar peralatan Rusia, yang diklaim Ukraina telah hancur atau hilang dalam perang, serta jumlah korban tewas Rusia, telah bertambah sejak konflik dimulai pada 24 Februari 2022.

Dalam perkiraan terbaru yang dirilis pada hari Kamis, Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan bahwa lebih dari 2.200 tank Rusia, 4.700 kendaraan tempur lapis baja, 253 jet militer dan 218 helikopter telah dimusnahkan. Namun, kerugian ini belum dikonfirmasi oleh Rusia

Pembaruan pada hari yang sama oleh Ukraina juga mengatakan bahwa 55.510 personel Rusia telah tewas sejak dimulainya perang. Namun Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengumumkan jumlah korban tewas jauh lebih rendah yakni hanya 5.937.

VIVA Militer: Tank Angkatan Bersenjata Federasi Rusia hancur di Donetsk

VIVA Militer: Tank Angkatan Bersenjata Federasi Rusia hancur di Donetsk

Photo :
  • dailysabah.com

Pasukan Ukraina juga dilaporkan menemukan sejumlah peralatan yang ditinggalkan tentara Rusia saat melarikan diri dari serangan balasan di wilayah Kharkiv timur. Kementerian Pertahanan Ukraina mengungkapkan pada hari Minggu, 18 September 2022, bahwa mereka menemukan salah satu tank paling canggih Rusia, T-90M, dalam kondisi sempurna, yang ditinggalkan di daerah tersebut.

Pekan lalu, Dinas Keamanan Ukraina berbagi foto di media sosial yang menunjukkan gudang amunisi, yang ditinggalkan oleh Rusia di Kharkiv. "Kami tahu apa yang harus dilakukan dengan mereka, dan kami pasti akan menggunakannya untuk tujuan yang dimaksudkan, yakni melawan musuh," kata dinas itu.

Ka-52 Alligator adalah helikopter serang segala cuaca yang dioperasikan oleh Angkatan Udara Rusia, menurut Airforce-technology.com. Rusia telah kehilangan beberapa helikopter Ka-52 dalam beberapa bulan terakhir, menurut Ukraina.

Komando Angkatan Udara Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan, bulan lalu pesawat pengebom telah menghancurkan satu Ka-52 dan tiga pesawat tak berawak Rusia. Awal bulan ini, Komando Angkatan Udara Ukraina juga mengatakan bahwa helikopter Alligator lainnya dihancurkan.