35 Orang Tewas dalam Protes Antihijab di Iran

Demonstrasi besar antihijab di Iran usai kematian Mahsa Amini
Sumber :
  • AP Photo

VIVA Dunia – Protes di Iran masih terus berlanjut, stasiun televisi milik pemerintah mengatakan pada Jumat malam bahwa jumlah korban tewas dari kerusuhan minggu ini bisa mencapai 35 orang. Angka ini meningkatkan perkiraan sebelumnya yang hanya mencapai 26 korban. 

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Selain itu para pengunjuk rasa di Iran berkumpul di seluruh negeri pada Jumat, 23 September 2022, untuk menunjukkan dukungan kepada pihak berwenang setelah hampir seminggu protes anti-pemerintah terjadi dan kerusuhan atas kematian Mahsa Amini akibat ditahan oleh polisi moral.

Massa di Istanbul protes kematian Mahsa Amini oleh polisi moralitas Iran

Photo :
  • AP Photo/Francisco Seco
Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

Ribuan orang menghadiri rapat umum di Ibu Kota Teheran di mana mereka mengibarkan bendera Iran dan demonstrasi serupa diadakan di kota-kota lain. Pemerintah mengklaim bahwa demonstrasi dukungan itu dilakukan spontan.

Melansir dari VOA, Sabtu, 24 September 2022, para demonstran pro-pemerintah meneriakkan perlawanan terhadap Amerika Serikat (AS) dan Israel, menurut media pemerintah.

Anggota Polresta Manado Ditemukan Tewas di Mampang Sedang Cuti

Protes antihijab di Kota Teheran, Iran

Photo :
  • AP Photo

Sebelumnya, demonstran anti-pemerintah dan pasukan keamanan bentrok di beberapa kota besar dalam kekerasan politik paling parah sejak 2019.

Otoritas Iran juga telah mengintervensi akses internet dan memperketat pembatasan pada platform populer seperti Instagram dan WhatsApp, yang dapat digunakan untuk memobilisasi demonstrasi.

Sebagai tanggapan, Departemen Keuangan AS mengatakan akan mengizinkan perusahaan teknologi AS untuk memperluas bisnis mereka di Iran untuk meningkatkan akses internet bagi rakyat Iran.

Diketahui bahwa saat ini Iran berada di bawah sanksi AS dan internasional yang berat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya