Penembakan Terjadi di Sekolah Rusia, 13 Orang Tewas Termasuk Anak-anak

Polisi memeriksa lokasi penembakan di Sekolah Rusia.
Polisi memeriksa lokasi penembakan di Sekolah Rusia.
Sumber :
  • AP Photo.

VIVA Dunia – Seorang pria bersenjata menembaki sebuah sekolah di Rusia, pada Senin, 26 September 2022, dan menewaskan 13 orang, termasuk tujuh anak, dan melukai 21 orang lainnya. Komite Investigasi Rusia mengatakan penembakan itu terjadi di Sekolah No. 88 di Izhevsk, sebuah kota yang berjarak sekitar 960 kilometer (600 mil) timur Moskow di wilayah Udmurtia.

Melansir dari AP, Senin, 26 September 2022, mereka mengidentifikasi korban yang terluka sebanyak 14 anak-anak dan tujuh orang dewasa. Gubernur Udmurtia, Alexander Brechalov, mengatakan dalam sebuah pernyataan video bahwa pria bersenjata itu juga melakukan bunuh diri, dengan cara menembak dirinya sendiri.

Polisi memeriksa lokasi penembakan di Sekolah Rusia.

Polisi memeriksa lokasi penembakan di Sekolah Rusia.

Photo :
  • AP Photo.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, menggambarkan penembakan itu sebagai tindakan teroris, dan mengatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin telah memberikan semua perintah yang diperlukan kepada pihak berwenang terkait.

"Presiden Putin sangat berduka atas kematian orang dan anak-anak di sekolah, tempat aksi teroris terjadi," kata Peskov kepada wartawan.

Sekolah tersebut mendidik anak-anak antara kelas 1 dan 11. Sekolah itu juga telah dievakuasi dan daerah sekitarnya telah ditutup, kata gubernur.

Komite Investigasi mengidentifikasi pria bersenjata itu sebagai Artyom Kazantsev, yang berusia 34 tahun, dan lulusan sekolah yang sama. Dalam sebuah pernyataan, Kazantsev mengenakan kaus hitam bertuliskan "simbol Nazi." Namun, tidak ada rincian tentang motifnya.