Penampakan Tentara Kekar Ukraina Kurus Kering Usai Ditawan Rusia

Perubahan drastis tentara Ukraina usai ditawan Rusia
Sumber :
  • NDTV

VIVA Dunia – Foto-foto mengejutkan seorang tentara Ukraina yang selamat dari penawanan Rusia muncul di media sosial. Kementerian Pertahanan Ukraina membagikan foto-foto seorang militer Ukraina bernama Mykhailo Dianov di Twitter dan menyebutnya sebagai salah satu tawanan yang beruntung meskipun badannya kini habis terlihat sangat kurus kering dengan luka di wajah dan lengannya.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

"Tentara Ukraina Mykhailo Dianov termasuk di antara yang beruntung: berbeda dengan beberapa rekan tawanan perangnya, dia selamat dari penangkaran Rusia," tulis kementerian pertahanan dalam keterangannya, dikutip dari NDTV, Selasa, 27 September 2022.

"Beginilah cara Rusia "mematuhi" Konvensi Jenewa. Beginilah cara Rusia melanjutkan warisan Nazisme yang memalukan," demikian dituliskan.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Menurut Telegraph, Dianov ditahan awal tahun ini setelah berjuang untuk mempertahankan pabrik baja Azovstal di Mariupol. Dia adalah salah satu dari 205 tawanan perang Ukraina yang dibebaskan pada 21 September 2022.

Foto-foto terbaru Dianov menunjukkan tubuhnya yang terlihat kurus kering, dan bekas luka serta memar di lengan dan wajahnya.

Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina

Adiknya, Alona Lavrushko dilaporkan menginformasikan bahwa Dianov saat ini berada di Rumah Sakit Militer Kiev, di mana ia tetap dalam kondisi serius dan akan membutuhkan perawatan jangka panjang.

Lavrushko mengatakan bahwa pecahan peluru di lengan saudaranya ditarik keluar tanpa anestesi, tanpa apa pun dan menggunakan tang berkarat. 

Dia menyatakan bahwa lengan Dianov kehilangan tulang 4 cm karena kondisi tidak manusiawi yang dia hadapi di penangkaran Rusia.

"Dokter di rumah sakit militer telah memeriksanya. Mereka belum akan mengoperasinya, dia perlu menambah berat badan terlebih dahulu. Itu yang utama karena dia tidak bisa dioperasi dalam kondisinya. Itu bisa berbahaya bagi kesehatannya. Jadi dia harus pulih sekarang dan mendapatkan kekuatan. Kondisi fisiknya tentu saja serius," tambah Lavrushko.

Namun dia juga mengatakan bahwa Dianov secara mental sangat kuat.

Dia sangat senang dia kembali. Dia berkata, 'Saya berjalan dan menghirup udara bebas yang bersih,' kata Lavrushko.

Uang sekarang dikumpulkan untuk membantu Lavrushko membayar biaya pengobatan saudara laki-lakinya, dia juga telah memulai penggalangan dana untuk perawatan dan rehabilitasi tentara.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya