Polisi yang Protes Komando Putin Tembak Komandan Militer Lokal Rusia

Penampakan tentara Rusia saat latihan militer di wilayah Georgia
Sumber :
  • AP Photo/Seiran Baroyan

VIVA Dunia – Seorang pria bersenjata menembak pemimpin komite militer lokal di sebuah kota di Siberia pada Senin, 26 September 2022, kata otoritas setempat. Penembakan terjadi saat protes meletup di seluruh wilayah Rusia saat mobilisasi parsial yang diumumkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Basis OPM Paro Nduga Lumpuh Digempur TNI, 2 Anak Buah Egianus Kogoya Tertembak

Melansir dari Politico, Selasa, 27 September 2022, dalam video yang diunggah di media sosial, satu tembakan terdengar dan seorang pria jatuh ke tanah. 

Pria bersenjata itu juga diidentifikasi oleh petugas polisi sebagai Ruslan Zinin yang berusia 25 tahun.

Pertama Kali, Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Pengebom Rusia

Penembak itu kemudian ditahan oleh polisi karena dianggap membahayakan nyawa seorang petugas penegak hukum dan kepemilikan senjata secara ilegal, menurut pernyataan dari pihak berwenang.

Gubernur wilayah Irkutsk, Igor Kobzev menulis di Telegram bahwa komisaris militer, Alexander Eliseev kini dalam perawatan intensif dan kondisinya kritis pascaterkena tembakan.

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

"Para dokter berjuang untuk hidupnya. Penembak itu segera ditangkap, dan dia pasti akan dihukum," katanya.

Menurut saksi mata, pria bersenjata itu berkata, "Tidak ada yang akan pergi ke mana pun" beberapa saat sebelum melepaskan tembakan.

Hal ini adalah bentuk demonstrasi terbaru yang menentang mobilisasi parsial, yang diklaim Putin akan mengirimkan 300.000 tentaranya ke Ukraina.

Warga Rusia telah melakukan protes atas pemanggilan wajib militer secara paksa itu dalam beberapa hari terakhir dan mengadakan demonstrasi yang tersebar di seluruh Rusia meskipun ada ancaman penangkapan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya