Swiss Mencatat Tingkat Pencairan Glester Terburuk dalam Seabad

Air menetes dari lapisan es yang mencair di Mont Mine, Swiss
Sumber :
  • ANTARA FOTO/REUTERS/Denis Balibouse/foc

VIVA Dunia – Swiss telah mencatat tingkat pencairan gletser terburuk sejak pemantauan yang telah dimulai lebih dari 100 tahun lalu, catatan itu menjelaskan kehilangan enam persen dari volume yang tersisa tahun ini atau hampir dua kali lipat rekor sebelumnya pada tahun 2003, mengutip twitter Jaringan Pemantauan Gletser Swiss (GLAMOS).

5 Negara dengan Penjualan Tiket Bioskop Termahal, Ko Bisa?

“2022 adalah tahun bencana bagi gletser Swiss: semua rekor pencairan es dihancurkan oleh kelangkaan salju di musim dingin dan gelombang panas terus-menerus di musim panas,” Komisi Cryospheric, mengatakan dalam laporannya pada hari Rabu, 28 September 2022.

Jembatan Trift, Swiss

Photo :
  • Twitter @HofSwitzerland
5 Negara dengan Persentase Jutawan Tertinggi di Dunia

Matthias Huss, kepala GLAMOS, mengatakan kepada BBC News bahwa berdasarkan proyeksi perubahan iklim, "situasi ini akan datang, setidaknya di suatu tempat di masa depan". Gletser Pizol, Vadret dal Corvatsch dan Schwarzbachfirn "hampir menghilang, pengukuran dihentikan", kata komisi itu.

Di wilayah Engadine dan Valais selatan, keduanya di selatan, “lapisan es setebal empat hingga enam meter di ketinggian 3.000 meter di atas permukaan laut telah menghilang”, kata laporan itu.

Menang Pilpres 2024, Prabowo Subianto Dapat Surat Ucapan Selamat Dari Presiden Swiss

Kerugian yang signifikan tercatat bahkan di titik pengukuran tertinggi, termasuk gunung Jungfraujoch, yang mencapai puncak hampir 3.500 meter.

“Pengamatan menunjukkan bahwa banyak lidah gletser yang hancur dan potongan-potongan batu naik dari es tipis di tengah gletser. Proses ini semakin mempercepat penurunan, ”tambah laporan itu.

Dalam sebuah pendapat yang diberitakan Al Jazeera mengenai bagaimana pencairan es yang cepat akan mempengaruhi Swiss, Huss mengatakan itu akan memiliki "dampak besar" pada limpasan air. Lebih dari setengah gletser di Pegunungan Alpen berada di Swiss di mana suhu naik sekitar dua kali rata-rata global.

Para ilmuwan di seluruh Pegunungan Alpen, termasuk Huss, telah diwajibkan untuk melakukan pekerjaan perbaikan darurat di lusinan lokasi di seluruh Pegunungan Alpen karena es yang mencair berisiko mencabut tiang pengukur dan merusak data mereka.

Pegunungan Alpen Swiss

Photo :
  • pixabay

Efek itu semua adalah hasil dari hujan salju musim dingin yang sangat rendah yang dikombinasikan dengan gelombang panas berturut-turut.

Hujan salju mengisi kembali es yang hilang setiap musim panas dan membantu melindungi gletser dari pencairan lebih lanjut dengan memantulkan sinar matahari kembali ke atmosfer. Jika emisi gas rumah kaca terus meningkat, gletser Pegunungan Alpen diperkirakan akan kehilangan lebih dari 80 persen massanya saat ini pada tahun 2100.

Pegunungan Alpen

Photo :
  • utoronto.ca

Banyak yang akan hilang terlepas dari tindakan emisi apa pun yang diambil sekarang, berkat pemanasan global yang disebabkan oleh emisi masa lalu, menurut laporan 2019 oleh Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim PBB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya