Anak Eks Presiden Iran Ditangkap Saat Protes Antihijab

Unjuk rasa di Iran, massa potong rambut dan membakar kerudung
Unjuk rasa di Iran, massa potong rambut dan membakar kerudung
Sumber :
  • Twitter via CNN International

VIVA Dunia – Demonstrasi anti-rezim telah berkobar di Teheran dan kota-kota Iran lainnya. Pasukan keamanan menghadapi demonstrasi ini dengan kekuatan yang berlebihan, menangkap ratusan pengunjuk rasa, dan yang paling menonjol adalah polisi Iran menangkap putri mantan presiden Iran Ali Akbar Hashemi Rafsanjani.

Faezeh Hashemi ditangkap pada malam ke-11 protes yang melanda Iran secara nasional, setelah Mahsa Amini meninggal secara misterius saat berada dalam tahanan polisi.

Melansir dari Ashara Al-Awsat, Kamis, 29 September 2022, situs web Pengawal Revolusi mengumumkan penangkapan Hashemi atas dasar dukungannya terhadap protes yang pecah di Iran akhir-akhir ini. Saluran “Quds Force” melaporkan di Telegram bahwa Hashemi ditangkap saat berpartisipasi dalam demonstrasi di timur Teheran.

Demonstrasi besar antihijab di Iran usai kematian Mahsa Amini

Demonstrasi besar antihijab di Iran usai kematian Mahsa Amini

Photo :
  • AP Photo

“Faezeh Hashemi telah ditangkap di timur Teheran oleh pasukan keamanan karena dianggap telah menghasut para perusuh untuk melakukan protes jalanan,” lapor kantor berita Tasnim.

Kerusuhan meletus

Sementara itu, rekaman yang beredar di media sosial menunjukkan kerumunan orang Iran turun ke jalan-jalan di berbagai lingkungan di Teheran, meskipun ada bahaya dan lingkungan keamanan yang ketat. Kerusuhan meletus di Taheran bertepatan dengan protes baru di kota Sanandaj, pusat provinsi Kurdistan, dan kota-kota besar Iran seperti Tabriz, Isfahan, Karaj dan Ahwaz.