Putin Teken Zaporizhzhia-Kherson Bagian Rusia, Moskow Merayakan

Persiapan konser Red Square Moskow yang menyambut wilayah hasil referendum
Sumber :
  • AP Photo/Alexander Zemlianichenko

VIVA Dunia – Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengakui kemerdekaan wilayah Zaporizhzhia dan Kherson yang dipublikasikan oleh Kedutaan Besar Federasi Rusia di Jakarta, pada Jumat, 30 September 2022. Keputusan Vladimir Putin untuk mengakui kemerdekaan dua wilayah tersebut juga berdasarkan dengan prinsip-prinsip dan norma-norma hukum internasional yang bersifat universal.

AS Sumbang Rp989 Triliun ke Ukraina untuk Bantu Perang, Rusia: Kami akan Menang

Putin menandatangani kedua dokumen yang berisi pengakuan atas kemerdekaan wilayah Zaporizhzhia dan Kherson, dan keduanya mulai berlaku pada hari di mana dokumen tersebut ditandatangani. Diketahui dua wilayah itu memiliki reaktor nuklir yang cukup signifikan.

Warga di Melitopol, Zaporizhzhia, Ukraina ikuti referendum

Photo :
  • AP Photo
Muak, Delegasi Rusia Walk-Out Saat Israel Berbicara di DK PBB

“Dengan ini saya memutuskan untuk mengakui kedaulatan negara dan kemerdekaan Kherson dan Zaporizhzhia. Keputusan ini mulai berlaku sejak penandatanganannya,” kata Putin, seperti yang dilampirkan oleh Kedubes Rusia di Jakarta.

Selain itu, Putin juga nantinya akan menandatangani perjanjian aneksasi dengan empat wilayah baru di Ukraina yakni Donetsk, Luhansk, Kherson dan Zaporizhzhia. Disebut Kremlin akan mengadakan upacara peresmian aneksasi tersebut pada hari ini, pukul 15.00 waktu Moskow.

Palestina Tinjau Ulang Kebijakannya terhadap AS menyusul Veto Permohonan di PBB

Vladimir Putin saat hadiri Eastern Economic Forum in Vladivostok, Rusia

Photo :
  • (Vladimir Smirnov/TASS News Agency Host Pool Photo via AP

Mengenai keputusan Putin yang dianggap tidak logis itu, Presiden Ukraina bersama dengan pejabat lainnya juga mengadakan pertemuan darurat. Ukraina menganggap bahwa aneksasi yang dilakukan Putin telah dilakukan secara paksa dan illegal.

“Ini merupakan pertemuan penting, dan saya percaya keputusan mendasar bagi negara kita akan diambil pada pertemuan itu,” kata Sekretaris Dewan Ukraina Oleksiy Danilov.

Presiden Ukraina Zelensky telah mengecam tindakan aneksasi itu, dan secara terbuka mengancam pihak Rusia bahwa mereka akan menerima respon luar biasa dari Ukraina, jika tetap melakukan pencaplokan wilayah itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya