Aksi Heroik Pria Iran Lindungi Wanita dari Aksi Kekerasan Polisi

Demonstrasi kematian gadis Iran Mahsa Amini
Demonstrasi kematian gadis Iran Mahsa Amini
Sumber :
  • AP Photo/Markus Schreiber

VIVA Dunia – Aksi heroik seorang pria Iran beredar di media sosial. Sebuah video yang viral di media sosial menunjukkan pria Iran yang tidak bersenjata mempertaruhkan hidup mereka untuk melindungi wanita dari tindakan kekerasan polisi Republik Islam.

Video itu awalnya diunggah ke TikTok, pada Rabu, 28 September 2022, oleh Goldie Ghamari, anggota Parlemen Provinsi (MPP) di Ontario, Kanada.

"Pria Iran yang tidak bersenjata mempertaruhkan hidup mereka untuk melindungi wanita Iran dari rezim Islam yang tidak sah dan dari teroris di Iran," kata Ghamari dalam posting-an dikutip dari Newsweek, Jumat, 30 September 2022.

Massa protes kematian Mahsa Amini di depan Kedubes Iran, Buenos Aires, Argentina

Massa protes kematian Mahsa Amini di depan Kedubes Iran, Buenos Aires, Argentina

Photo :
  • AP Photo/Natacha Pisarenko

Video yang dipublikasikan oleh Ghamari itu telah mengumpulkan lebih dari 335.000 tampilan dan lebih dari 1000 komentar.

Protes meletus di seluruh Iran pada 16 September, setelah kematian Mahsa Amini, seorang wanita Kurdi berusia 22 tahun yang dituduh melanggar UU aturan berpakaian yang mengharuskan wanita untuk menutupi rambut mereka sepenuhnya dengan jilbab di depan umum.

Polisi moral Iran dilaporkan menangkap Amini pada 13 September 2022 dan memukulinya sebelum memindahkannya ke Pusat Penahanan Vozara di Teheran.