Belasan Pejabat RI Disasar Mata-Mata Israel termasuk Menko Airlangga

Ilustrasi/peretasan
Ilustrasi/peretasan
Sumber :

VIVA Dunia – Belasan pejabat dan militer Indonesia dilaporkan menjadi sasaran mata-mata yang dirancang oleh sebuah perusahaan pengawasan Israel. Salah satu target mata-mata tersebut yakni Menteri Perekonomian RI Airlangga Hartarto, personel senior militer, dua diplomat regional, dan penasihat di Kementerian Pertahanan dan Luar Negeri RI. Hal ini diungkapkan oleh Sembilan orang (anonim) yang mengetahui masalah tersebut.

Enam pejabat dan penasihat Indonesia yang ditargetkan mengatakan bahwa mereka menerima pesan Email dari Apple Inc pada November 2021 yang memberi tahu bahwa mereka sedang ditargetkan oleh penyerang yang disponsori negara.

Hacker.

Hacker.

Photo :
  • New York Post

Melansir dari The Straits Times, Jumat, 30 September 2022, dalam hal ini, Apple belum mengungkapkan identitas atau jumlah pengguna yang ditargetkan. Perusahaan juga menolak berkomentar untuk kasus tersebut.

Apple dan peneliti keamanan mengatakan penerima peringatkan ditargetkan menggunakan ForcedEntry, perangkat lunak canggih yang digunakan oleh vendor pengawasan siber Israel NSO Group untuk membantu agen mata-mata asing dari jarak jauh dan tanpa terlihat mengendalikan iPhone.

Upaya untuk menargetkan pejabat Indonesia yang belum pernah dilaporkan, adalah salah satu kasus terbesar yang pernah dilihat dari perangkat lunak yang digunakan terhadap pejabat Indonesia.

Penggunaan ForcedEntry, yang mengeksploitasi kelemahan pada iPhone melalui teknik peretasan baru yang tidak memerlukan interaksi pengguna, dipublikasikan oleh pengawasan keamanan siber Citizen Lab pada September 2021.