Demo Antihijab di Turki Juga Terjadi Berhari-hari

Para perempuan di Turki ikut protes dan bakar hijab atas kematian Mahsa Amini
Sumber :
  • AP Photo/Francisco Seco

VIVA Dunia – Demonstrasi antihijab yang digerakkan oleh massa perempuan Iran terus meluas hingga ke Turki. Ratusan pengunjuk rasa masih turun ke jalan-jalan di Turki pada Minggu, 2 Oktober 2022. Protes dilakukan untuk mengutuk tindakan keras Iran terhadap demonstrasi yang dipimpin perempuan, yang dipicu oleh kematian Mahsa Amini, setelah dia ditangkap oleh polisi moralitas Iran.

Protes TPS Liar, Warga Tangerang Tutup Akses Jalan

Melansir dari Channel News Asia, Senin, 3 Oktober 2022, di Istanbul, banyak orang Iran yang meneriakkan slogan-slogan menentang rezim Teheran dan mendukung perempuan Iran.

Para perempuan memegang mawar merah, bendera Iran dan tanda-tanda bertuliskan kata-kata "wanita, kehidupan, kebebasan".

210 Warga Palestina di Nuseirat Tewas Dibantai Israel, Turki: Biadab!

Di Diyarbakir, sebuah kota tenggara dengan mayoritas penduduk Kurdi, sekitar 200 orang berkumpul mengacungkan foto-foto wanita Iran yang terbunuh dalam penumpasan dan spanduk besar dengan slogan "wanita, kehidupan, kebebasan" dalam bahasa Kurdi.

Demonstrasi solidaritas dengan wanita Iran yang dihadiri oleh ratusan orang juga diadakan di kota barat Izmir pada Sabtu malam.

Pertemuan Bilateral Indonesia-Turki, Menaker Ida Tegaskan Komitmen Kerja Sama Ketenagakerjaan

Sedikitnya 92 orang telah tewas di Iran sejak dimulainya protes pada dua minggu lalu, kata kelompok Hak Asasi Manusia Iran yang berbasis di Norwegia.

Demonstrasi pecah di seluruh wilayah Iran untuk menuntut aturan cara berpakaian yang ditetapkan oleh rezim negara itu. Para wanita menggunting rambut mereka dan membakar hijab untuk sebagai aksi dari pemberontakan pada pemerintah Iran.
 

Mantan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad didiskualifikasi pencalonan presiden

Iran Setujui 6 Kandidat Capres Pengganti Raisi, Mahmoud Ahmadinejad Dicoret

Mahmoud Ahmadinejad kembali gagal dalam pencalonan Presiden Iran untuk ketiga kalinya, setelah Dewan Wali Iran mendiskualifikasi Ahmadinejad

img_title
VIVA.co.id
10 Juni 2024