Media Malaysia Soroti Kekerasan oleh Aparat di Tragedi Kanjuruhan

Polisi dan TNI serta suporter Kota Tangerang gelar doa bersama dan menyalakan lilin untuk korban tragedi Kanjuruhan
Polisi dan TNI serta suporter Kota Tangerang gelar doa bersama dan menyalakan lilin untuk korban tragedi Kanjuruhan
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA Dunia – Tragedi di Stadion Kanjuruhan masih menjadi perhatian dunia. Salah satu media Malaysia The Sundaily ikut menyoroti penggunaan gas air mata dan tindakan kekerasan yang dilakukan oleh oknum TNI dan kepolisian selama protes di dalam stadion.

Media tersebut juga menyoroti sikap TNI dan polisi yang akan mengusut tuntas insiden menyedihkan itu yang menewaskan ratusan orang.

"TNI memastikan akan menindak anggotanya yang melakukan kekerasan saat membubarkan kerusuhan dalam tragedi 1 Oktober di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, yang menelan 125 korban jiwa," tulis media tersebut dikutip dari media tersebut pada Selasa, 4 Oktober 2022.

Pasca kerusuhan Stadion Kanjuruhan

Pasca kerusuhan Stadion Kanjuruhan

Photo :
  • (Foto AP/Trisnadi)

Mereka juga menggarisbawahi pernyataan dari Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, yang mengatakan bahwa anggota yang terbukti bersalah akan menghadapi hukuman pidana.

“Tindakan (anggota TNI) dalam video yang viral kemarin bukan dalam rangka membela diri. Ini adalah tindakan kriminal karena warga sipil mungkin tidak pernah mau menghadapi tentara,” kata Andika Perkasa.

Sebelumnya Andika juga mengimbau kepada masyarakat agar mengirimkan video aksi anggota TNI yang melakukan kekerasan ekstrem saat kejadian kepada pihak militer.