Seribu Lebih Aktivis Lingkungan Terbunuh dalam 1 Dekade Terakhir

Aktivis Lingkungan
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVA Dunia – Lebih dari 1.700 aktivis lingkungan telah terbunuh karena mencoba melindungi tanah dan sumber daya mereka selama satu dekade terakhir, menurut laporan oleh LSM internasional Global Witness.

Toomaj Salehi Rapper Asal Iran, Divonis Hukuman Mati Usai Kritik Pemerintah

Melansir dari BBCnews, pada tahun 2021 saja, sekitar 200 aktivis lingkungan dan pertahanan tanah terbunuh di seluruh dunia termasuk 54 di Meksiko, negara paling mematikan bagi para pencinta lingkungan. Lebih dari tiga perempat pembunuhan terjadi di Amerika Latin.

Aksi Aktivis Lingkungan atas Kebijakan Donald Trump

Photo :
  • ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf
Korban Banjir di Brasil Selatan Bertambah Jadi 29, 60 Orang Masih Dinyatakan Hilang

“Sejak 2012, setidaknya 1.733 pembela HAM terbunuh dalam upaya melindungi tanah dan sumber daya mereka,  rata-rata satu pembela HAM terbunuh kira-kira setiap dua hari selama 10 tahun,” kata laporan itu.

Meksiko telah menyaksikan peningkatan berturut-turut selama tiga tahun terakhir aktivis dibunuh, melompat dari 30 kematian pada tahun 2020. Kolombia memiliki korban tertinggi kedua dengan jumlah 33, diikuti oleh Brasil dengan 26 pembunuhan.

Badai Ekstrem Landa Brasil, 10 Orang Tewas

Aktivis lingkungan Greta Thunberg saat berada si New York

Photo :
  • Video BBC

Lebih dari 40 persen pembunuhan dilakukan terhadap penduduk asli yang hanya mewakili lima persen dari populasi dunia. Selain pembunuhan, banyak aktivis juga mengalami taktik lain untuk membungkam mereka, termasuk ancaman pembunuhan, pengawasan, kekerasan seksual atau kriminalisasi.

Global Witness mengatakan laporannya hanya dasar. “Data kami tentang pembunuhan kemungkinan akan diremehkan mengingat banyak pembunuhan tidak dilaporkan, terutama di daerah pedesaan dan di negara-negara tertentu.”

Konflik pertambangan terkait dengan 27 kematian di seluruh dunia, terbanyak untuk sektor apa pun. Lima belas dari pembunuhan terkait pertambangan itu terjadi di Meksiko.

Menurut Global Witness, Brasil adalah negara dengan pembunuhan terbanyak sejak mulai melaporkan pembela lingkungan dengan adanya 342 serangan mematikan sejak 2012. Lebih dari 85 persen pembunuhan terjadi di Amazon Brasil.

Sungai Amazon

Photo :
  • U-Report

Awal tahun ini, jurnalis Inggris Dom Phillips dan pakar Pribumi Brasil Bruno Pereira terbunuh di hutan hujan Amazon Brasil.

Pada April 2021, Gubernur Pribumi di Kolombia barat daya, Sandra Liliana Peña Chocué, dibunuh di dekat rumahnya oleh orang-orang bersenjata. Dia telah berjuang untuk pemberantasan tanaman koka di Caldono.

Global Witness menemukan konflik atas tanah adalah pendorong utama dalam banyak serangan, termasuk eksploitasi sumber daya, penebangan, pertambangan dan pertanian skala besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya