Media Asing Soroti Kunjungan Jokowi ke Korban Tragedi Kanjuruhan

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Dunia – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mendapat sorotan dari media asing ketika tiba pada hari Rabu, 5 Oktober 2022, melakukan kunjungan korban kericuhan di stadion Kanjuruhan, Malang, di mana terjadinya sebuah insiden yang menewaskan sedikitnya 131 orang dalam salah satu bencana paling mematikan dalam sejarah sepak bola.

Jokowi juga menyapa kerabat para korban setelah tiba di rumah sakit Saiful Anwar di kota Jawa Timur.

"Kunjungan pemimpin Indonesia itu terjadi ketika kemarahan tumbuh karena tanggapan petugas polisi terhadap para penggemar Arema FC, yang mencoba mendekati para pemain menyusul kekalahan mereka dari rival sengit Persebaya Surabaya," tulis media Malaysia, The Sundaily, Rabu, 5 Oktober 2022.

 Presiden RI Joko Widodo di RSSA Kota Malang.

Presiden RI Joko Widodo di RSSA Kota Malang.

Photo :
  • VIVA/Lucky Aditya

Selain itu, media Arab juga memberitakan hal yang sama terkait dengan kunjungan Jokowi untuk pertama kalinya ke stadion Kanjuruhan. 

Media itu menuliskan bahwa Jokowi akan memerintahkan audit semua stadion sepak bola, dan bersumpah untuk menemukan akar dari salah satu bencana paling mematikan dalam sejarah olahraga.

Selain itu ada juga media asing seperti Alarabiya News, CGTN, dan English Almanar, turut menuliskan hal yang sama mengenai kunjungan Presiden Jokowi ke Malang.

Halaman Selanjutnya
img_title