Oposisi Rusia Dicap Pengkhianat Kakap Terancam Penjara 20 Tahun

Persiapan konser Red Square Moskow yang menyambut wilayah hasil referendum
Sumber :
  • AP Photo/Alexander Zemlianichenko

VIVA Dunia – Aktivis oposisi Rusia Vladimir Kara-Murza telah dipenjara di Moskow sejak April dan sedang diselidiki karena pengkhianatan tingkat tinggi, kata pihak berwenang.

Deretan Kisah Mistis yang Terjadi dalam Perang Dunia

Kara-Murza diketahui telah melontarkan kritiknya terhadap perang di Ukraina.

Presiden Vladimir Putin (tengah) saat umumkan 4 wilayah Ukraina kini punya Rusia

Photo :
  • TASS via Russian Embassy
Perang Israel-Iran, Kedua Negara Berpotensi Gunakan Nuklir?

Sementara itu tuduhan terbaru terhadap Kara-Murza, berasal dari tuduhan kerja sama lama dirinya dengan negara NATO menurut kantor berita negara Rusia Tass.

Melansir dari The Guardian, Jumat, 7 Oktober 2022 jika terbukti bersalah, dia menghadapi hukuman hingga 20 tahun penjara.

Israel Mau Balas Dendam ke Iran, Rusia Pasang Badan Kirim Jet Tempur Canggih

"Klien kami telah didakwa setelah berbicara kritis terhadap pihak berwenang Rusia tiga kali di acara-acara publik seperti di Lisbon, Helsinki dan Washington," kata pengacara Kara-Murza Vadim Prokhorov, pada Kamis, 6 Oktober 2022.

"Pidato-pidato ini tidak menimbulkan ancaman apa pun karena itu bersifat publik, kritik terbuka.”

Kara-Murza yang memegang kewarganegaraan Rusia dan Inggris dan belajar di Universitas Cambridge, ditahan pada bulan April. Dia didakwa di bawah UU yang baru diperkenalkan yang berlaku mengkriminalisasi setiap perbedaan pendapat terhadap perang Rusia di Ukraina.

Pada saat penangkapannya, Kara-Murza adalah salah satu dari sedikit tokoh oposisi terkemuka yang memilih untuk tinggal di Rusia.

Banyak yang melarikan diri karena masalah keamanan sejak pecahnya perang. Beberapa jam sebelum penahanannya, Kara-Murza muncul di CNN di mana dia menggambarkan Kremlin sebagai rezim pembunuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya