Penembakan Brutal Day Care Thailand Jadi Sorotan Pemimpin Dunia

Penembakan massal di tempat penitipan anak di Uthai Sawan, Thailand
Penembakan massal di tempat penitipan anak di Uthai Sawan, Thailand
Sumber :
  • AP Photo/Sakchai Lalit

VIVA Dunia – Para pemimpin dunia bereaksi keras dan mengecam aksi penembakan brutal pada hari Kamis, 7 Oktober 2022, yang menewaskan 37 orang, termasuk 22 anak-anak di sebuah pusat penitipan anak (day care) di timur laut Thailand.

Perdana Menteri Inggris Liz Truss mengungkapkan kekecewaannya atas tragedi di pusat penitipan anak di Uthai Sawan di provinsi Nong Bua Lamphu, sekitar 500 km timur laut Bangkok.

"Saya terkejut mendengar peristiwa mengerikan di Thailand pagi ini. Pikiran saya dengan semua yang terkena dampak. Inggris berdiri bersama rakyat Thailand pada saat yang mengerikan ini," cuitnya, dikutip dari The Sundaily, Jumat, 7 Oktober 2022.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris Liz Truss

Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris Liz Truss

Photo :
  • UK Government

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengirimkan ucapan belasungkawa kepada orang-orang yang terkena dampak insiden tersebut.

"Tidak mungkin untuk memahami patah hati dari berita mengerikan di Thailand ini. Semua warga Australia mengirimkan cinta dan belasungkawa mereka," cuitnya.

Amerika Serikat (AS) merasa ngeri dengan penembakan tragis di pusat penitipan anak pada hari Kamis, kata Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat Jake Sullivan.