Dubes China Puji Elon Musk, Tapi Taiwan Mengecamnya karena Usulkan Hal Ini

Elon Musk.
Sumber :
  • Find The Prophets

VIVA Dunia – Duta Besar China untuk Amerika Serikat (AS) berterima kasih kepada Elon Musk karena mengusulkan zona administrasi khusus untuk Taiwan. Di sisi lain, duta besar de facto Taiwan untuk Washington menegur miliarder itu dengan mengatakan bahwa kebebasan dan demokrasinya tidak untuk dijual.

Konsumen Tes Konsumsi BBM Wuling Alvez, Segini Hasilnya 

"Taiwan menjual banyak produk, tetapi kebebasan dan demokrasi kita tidak untuk dijual,” kata Hsiao Bi-khim, duta besar de facto Taiwan untuk Washington, yang mentweet pada Sabtu, 8 Oktober 2022.

"Setiap proposal abadi untuk masa depan kita harus ditentukan secara damai, bebas dari paksaan, dan menghormati keinginan demokratis rakyat Taiwan.”

Elon Musk Mendadak Bertemu Pejabat Nomor 2 China di Beijing

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Taiwan

Photo :
  • cfr.org

Beberapa hari setelah melayangkan kemungkinan kesepakatan untuk mengakhiri perang antara Rusia dan Ukraina yang menuai kecaman di Ukraina, Musk menyarankan ketegangan antara China dan Taiwan dapat diselesaikan dengan menyerahkan sebagian kendali Taiwan ke Beijing.

KSAL Muhammad Ali Kunjungi Industri Pertahanan Strategis China, Ada Apa?

“Rekomendasi saya, saya akan mencari solusi zona administrasi khusus untuk Taiwan yang cukup enak, mungkin tidak akan membuat semua orang bahagia,” kata Musk kepada Financial Times dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada Jumat, 7 Oktober 2022.

Melansir dari Al Jazeera, Senin, 10 Oktober 2022, Musk pada saat itu menjawab pertanyaan tentang China, di mana perusahaan mobil listrik Tesla miliknya mengoperasikan pabrik besar di sana.

Beijing, yang mengklaim Taiwan sebagai salah satu provinsinya, telah lama berjanji untuk membawa Taiwan di bawah kendalinya dan tidak mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk melakukannya. Namun, pemerintah Taiwan yang diperintah secara demokratis sangat keberatan dengan klaim kedaulatan China dan mengatakan hanya 23 juta penduduk pulau itu yang dapat memutuskan masa depan mereka.

Dalam tweet yang diposting pada hari Sabtu, duta besar China menulis, “Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada @elonmusk atas seruannya untuk perdamaian di Selat Taiwan dan idenya tentang pembentukan zona administratif khusus untuk Taiwan."

“Sebenarnya, reunifikasi damai dan Satu Negara, Dua Sistem adalah prinsip dasar kami untuk menyelesaikan masalah Taiwan, dan pendekatan terbaik untuk mewujudkan reunifikasi nasional,” tambahnya.

Bendera Taiwan-China.

Photo :
  • ANTARA/Reuters/Dado Ruvic.

“Dengan syarat kedaulatan, keamanan, dan kepentingan pembangunan China dijamin setelah reunifikasi Taiwan akan menikmati otonomi tingkat tinggi sebagai wilayah administrasi khusus, dan ruang yang luas untuk pembangunan."

China telah menawarkan kepada Taiwan model otonomi satu negara, dua sistem yang serupa dengan yang dimiliki Hong Kong, tetapi hal itu telah ditolak oleh semua partai politik arus utama di Taiwan, dan hanya mendapat sedikit dukungan publik, terutama setelah Beijing memberlakukan Undang-Undang Keamanan Nasional yang keras di Hong Kong pada 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya