PM Jepang Kirimkan Persembahan Ritual ke Kuil Perang yang Kontroversial

PM Jepang Kirimkan Persembahan Ritual ke Kuil Perang
Sumber :
  • Aljazeera

VIVA Dunia – Perdana Menteri Jepang , Fumio Kishida telah mengirimkan suatu persembahan ritual ke sebuah kuil kontroversial yang diperuntukan untuk menghormati korban perang, tetapi kuil itu juga dipandang sebagai simbol militerisme dan kekejaman Jepang di masa lalu.

Amerika Boncos, China Siap Perang Punya 10 Ribu Rudal

Kishida mengirimkan sebuah pohon upacara "masakaki" pada festival musim gugur di kuil Yasukuni pada hari Senin, 17 Oktober 2022 melansir dari Aljazeera.

PM Jepang Fumio Kishida saat menghadiri pertemuan G7 di Elmau, Jerman

Photo :
  • AP Photo/Susan Walsh, Pool
Mardiono Gelar Pertemuan dengan Pelajar Indonesia di Jepang, Ini yang Dibahas

Namun, kemungkinan PM Jepang itu tidak akan mengunjungi kuil tersebut selama festival dua hari itu, kata kantor berita Kyodo, mengutip orang-orang yang dekat dengan pemimpin tersebut.

Tidak ada perdana menteri Jepang yang mengunjungi kuil itu sejak tahun 2013,  saat itu sebuah perjalanan yang dilakukan Perdana Menteri Shinzo Abe saat itu memicu kemarahan di Beijing dan Seoul dan teguran diplomatik juga dari sekutu dekatnya Amerika Serikat.

Dikawal 4 Jet Tempur Sukhoi Flanker, Vladimir Putin Datangi Pemakaman Presiden Iran

Kuil Yasukuni di Tokyo menghormati 2,5 juta orang yang sebagian besar tewas akibat perang Jepang sejak akhir abad ke-19, termasuk penjahat perang yang dihukum. Perjalanan ke kuil oleh pejabat pemerintah tentu akan membuat marah negara-negara yang mengalami kekejaman militer Jepang, terutama China dan Korea Selatan.

Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno menolak mengomentari tawaran Kishida selama konferensi pers yang dilakukan, dengan mengatakan perdana menteri mengirimkannya sebagai "orang pribadi".

PM Jepang Kirimkan Persembahan Ritual ke Kuil Perang

Photo :
  • Aljazeera

Namun kantor berita Kyodo mengatakan masakaki itu dikirim dengan papan bertuliskan "perdana menteri".

Seorang juru bicara kuil Yasukuni mengatakan Sanae Takaichi, menteri yang bertanggung jawab atas keamanan ekonomi, mengunjungi kuil itu pada hari Senin selama festival. Menteri Perdagangan Yasutoshi Nishimura pergi ke kuil pada hari Jumat, sebelum festival dimulai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya