Liz Truss Mengundurkan Diri, Ini 4 Kandidat Kuat PM Inggris

PM Inggris Liz Truss umumkan pengunduran diri
Sumber :
  • AP Photo/Alberto Pezzali

VIVA Dunia – Liz Truss menyatakan mengundurkan diri sebagai perdana menteri Inggris, pada Kamis, 20 Oktober 2022. Dia menjadi perdana menteri tersingkat dalam sejarah Inggris, yang hanya menjabat selam enam minggu.

Inggris, AS Berikan Sanksi pada Tokoh Militer Terkemuka Iran Usai Serangan Terhadap Israel

Pemilihan kepemimpinan akan digelar dan selesai dalam minggu depan untuk menggantikan Truss. George Canning sebelumnya memegang rekor tersingkat sebagai perdana menteri Inggris selama 119 hari pada tahun 1827 ketika dia meninggal.

Mengingat perpecahan dalam partai, tidak ada kandidat yang jelas sebagai pengganti Truss. Siapun penggantinya akan menghadapi krisis negara yang kemungkinan besar menuju resesi.

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

Namun, beberapa nama-nama ini masuk dalam daftar sebagai pengganti Truss, melansir dari Channel News Asia, Jumat, 21 Oktober 2022:

RISHI SUNAK

Imam Masjid di Inggris Dilaporkan ke Polisi Gegara Izinkan Siswa Salat

Rishi Sunak bertarung politik untuk kepemimpinan Partai Konservatif Inggris

Photo :
  • Victoria Jones/PA via AP

Truss dengan mudah mengalahkan Sunak dalam kontes kepemimpinan Tory musim panas ini, dan memenangkan anggota partai dengan janji untuk memangkas pajak dan peraturan tanpa membatasi pengeluaran pemerintah. Sunak telah memperingatkan bahwa rencananya untuk mendanai proposal melalui pinjaman tambahan adalah sembrono, dan dapat memperburuk inflasi yang tinggi, serta kepercayaan pasar di Inggris.

Sekarang pendapat Sunak terbukti benar, Sunak dipasang oleh para bandar taruhan sebagai favorit awal setelah pengumuman dramatis pengunduran diri Truss. Dia mengumpulkan dukungan dari jumlah terbesar anggota parlemen Tory dalam putaran pemungutan suara berturut-turut, sebelum anggota partai menjagoi Truss.

Jajak pendapat YouGov baru pada Selasa, 18 Oktober 2022, menemukan bahwa Sunak memiliki peringkat terbaik untuk menggantikan Truss. Namun, sosok Sunak juga dipandang sebagai sosok yang memecah belah.

Banyak anggota partai, yang biasanya mendapatkan keputusan akhir tentang siapa yang memimpin partai, tidak mau memaafkannya atas perannya dalam menggulingkan mantan perdana menteri Inggris Boris Johnson.

BORIS JOHNSON

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson.

Photo :
  • BBC/PA Media

Mantan perdana menteri Inggris ini meninggalkan jabatannya pada awal bulan lalu setelah pemberontakan di antara kabinetnya dan anggota parlemen Tory, yang dipicu oleh pengunduran diri Sunak dan lainnya dari pemerintahannya yang goyah setelah berbulan-bulan dilanda kontroversi.

Didorong oleh beberapa petunjuk kuat dari Johnson sendiri, spekulasi telah berputar bahwa dia akan mencoba untuk melakukan pencalonan lagi, meskipun hanya sedikit yang berpikir bahwa itu bisa dilakukan secepat ini. The Times melaporkan setelah pengunduran diri Truss, dia berencana untuk mengikuti pemilihan lagi.

Jajak pendapat YouGov baru-baru ini menunjukkan pria berusia 58 tahun itu jauh lebih populer daripada Truss. Namun sekitar dua pertiga dari mereka yang ditanya memiliki pendapat yang tidak baik tentang Johnson.

BEN WALLACE

Ben Wallace.

Photo :
  • Tatler.com

Wallace telah mendapat pujian sebagai menteri pertahanan, dengan Inggris memainkan peran penting dalam respons global terhadap invasi Rusia ke Ukraina. Mantan kapten tentara itu sempat menolak memilih untuk tidak mengikuti perlombaan untuk menggantikan Boris Johnson selama musim panas lalu.

Dia mengatakan bahwa dirinya tidak cukup menginginkan kursi perdana menteri Inggris. Tetapi saat ditanya pada konferensi partai Konservatif baru-baru ini, mengenai apakah dia akan mempertimbangkan untuk mencalonkan diri, pria berusia 52 tahun itu mengatakan bahwa dia tidak menghindari hal itu.

Dalam survei terbaru terhadap aktivis Tory oleh situs web ConservativeHome, Wallace mencetak peringkat persetujuan bersih 85,8 poin, jauh di depan pesaing potensial lainnya. Saat menjadi tentara, Wallace memimpin patroli yang menangkap unit IRA yang mencoba melakukan serangan bom. Ia juga merupakan bagian dari tim yang membawa pulang jenazah Putri Diana menyusul kecelakaan mobilnya di Paris.

PENNY MORDAUNT

Penny Mordaunt

Photo :
  • AP Photo/Alastair Grant

Anggota kabinet saat ini adalah favorit awal untuk menggantikan Johnson, dan mendapat delapan suara anggota parlemen mengalahkan Truss untuk membuat putaran terakhir melawan Sunak. Mantan menteri pertahanan dan perdagangan itu adalah pendukung kuat Brexit dan tokoh kunci dalam kampanye "Leave" 2016.

Namun dia menghadapi kritik dalam perlombaan kepemimpinan baru-baru ini, beberapa anggota parlemen menuduhnya tidak efektif dalam peran pemerintah sebelumnya. Profil Mordaunt naik minggu ini setelah dia akan dicalonkan pada Senin, 17 Oktober 2022, untuk menggantikan Truss, dan untuk menjawab pertanyaan mendesak di parlemen dari oposisi Partai Buruh tentang gejolak ekonomi baru-baru ini.

Di antara calon lainnya, menteri keuangan baru Jeremy Hunt dan mantan kabinet kelas berat Michael Gove keduanya dikatakan telah mengesampingkan diri mereka sendiri untuk pencalonan selanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya