Liz Truss, Perdana Menteri dengan Masa Tugas Terpendek di Inggris

Perdana Menteri Inggris Liz Truss di Downing Street
Sumber :
  • AP Photo/Alberto Pezzali

VIVA Dunia – Liz Truss mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri Inggris setelah hanya 45 hari di Downing Street, pada Kamis, 20 Oktober 2022. Liz Truss telah menjadi perdana menteri terpendek dalam sejarah Inggris. 

Akui Umat Muslim Berkontribusi Besar Bagi Negara, PM Georgia Adakan Bukber

Setelah pertemuan dengan Sir Graham Brady, ketua Komite 1922 backbench yang kuat, di Downing Street pada hari Kamis, Truss mengatakan kepada negara itu dengan jelas bahwa dia tidak bisa lagi menjalankan "mandat" yang telah diberikan oleh partainya hanya beberapa minggu sebelumnya.

Melansir ABC News, Liz Truss butuh 12 tahun di Parlemen untuk mencapai puncak kekuatan politik Inggris. Sekarang, setelah hanya 44 hari memimpin negara itu, dia telah mengambil gelar perdana menteri dengan masa jabatan terpendek dalam sejarah Inggris. Pada Kamis sore, Truss mengundurkan diri dari posisinya setelah berminggu-minggu pergolakan dan perselisihan di dalam Partai Konservatif.

Mantan Komandan IDF Sebut Netanyahu Bikin Israel Semakin Terpuruk

Perdana Menteri Inggris Liz Truss di Downing Street

Photo :
  • AP Photo/Alberto Pezzali

Liz Truss memulai jabatannya sebagai Perdana Menteri dengan awal yang tidak menguntungkan, ketika tiga hari setelah ia  menjabat pada 5 September, Ratu Elizabeth II meninggal dunia, pada usia 96 tahun. 

Ketua DPD PSI Jakbar Mundur, DPW PSI Jakarta: Kami Tidak Mentolerir Kekerasan Seksual

Pada 23 September, Menteri Keuangan Inggris, Kwasi Kwarteng mengumumkan anggaran mini 'Trussonomics' yang sekarang menjadi bencana dalam pertaruhan putus asa untuk meringankan biaya krisis hidup dan melonjaknya tagihan energi. Pemotongan pajak hingga £45 miliar menyebabkan nilai pound anjlok terhadap dolar dan imbal hasil obligasi melonjak.

Dua hari kemudian, Bank of England terpaksa turun tangan dan membeli obligasi Inggris jangka panjang di tengah kekhawatiran bahwa panggilan tunai dapat memicu jatuhnya pasar emas, setelah Kepala Ekonom mereka, Huw Pill mengatakan bahwa pemotongan pajak memerlukan respons kebijakan yang "signifikan". 

Menteri kabinet PM Inggris Liz Truss.

Photo :
  • The Straits Times.

Setelah lebih dari seminggu berdiri dengan paket ekonomi yang dikritik keras, Kwarteng membuat rencana untuk menghapuskan tarif tambahan 45 persen pajak untuk berpenghasilan tertinggi.

Mengikuti langkah-langkah lebih lanjut oleh Bank of England untuk menopang ekonomi yang sedang sakit, Kwarteng mengundurkan diri dari jabatannya pada 14 Oktober silam dengan penggantinya Jeremy Hunt berjanji untuk membalikkan banyak kebijakan.

Kwarteng hanya bertahan selama 38 hari, kanselir terpendek kedua dalam sejarah Inggris setelah Ian Macleod yang hanya bertahan selama 30 hari.

PM Inggris Liz Truss umumkan pengunduran diri

Photo :
  • AP Photo/Alberto Pezzali

Lima hari kemudian, Kabinet Truss turun ke dalam kekacauan lebih lanjut ketika Suella Braverman juga mengundurkan diri sebagai Menteri Dalam Negeri Inggris setelah mengirim dokumen resmi dari email pribadinya ke sesama anggota parlemen, yang mana adalah pelanggaran serius terhadap aturan menteri.

Grant Schapps, yang sangat mendukung saingannya Rishi Sunak selama kampanye kepemimpinan Tory, menggantikan Braverman sebagai Menteri Dalam Negeri. Pengunduran diri dua menteri pemerintah paling senior di partainya mendorong lebih dari selusin pendukung Tory menyerukan pengunduran dirinya.

Keesokan paginya Liz Truss mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri.

Berbicara dari sebuah podium di Downing Street, dia mengatakan dia menyadari bahwa dia "tidak dapat menjalankan mandat" yang diberikan anggota Tory kepadanya lebih dari enam minggu yang lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya