Bazar Indonesia-Thailand-Vietnam di Prancis Mencuri Perhatian

Bale Ganjur persembahan group Bintang Tiga Marseille dipimpin Jeremie Abt
Sumber :
  • KJRI Marseille

VIVA Dunia – Bazar ASEAN diadakan di Marseille, Prancis oleh KJRI Marseille bersama pihak dari negara Thailand dan Vietnam. Tiga negara Asia Tenggara ini dalam acara tersebut menunjukkan kekayaan budaya baik kuliner hingga kegiatan seni khas masing-masing.

Menaker Temui PMI di Arab Saudi, Tegaskan Komitmen Tingkatkan Perlindungan dan Kesejahteraan Pekerja

Paviliun Indonesia menghidangkan menu masakan Indonesia yang sudah cukup populer dan mampu memanjakan lidah para pengunjung bazar. Di antaranya nasi goreng, rendang, sate ayam, sate kambing, gado-gado berikut rempeyek kacang, bakwan dan aneka kue jajanan pasar. Juga tidak ketinggalan dihadirkan minuman khas dari Indonesia yaitu wedang ronde serta produk teh kemasan dan bir khas Indonesia.

Acara bazar dibuka pada pukul 11.00 waktu setempat hingga pukul 16.00 pada 16 Oktober 2022 lalu.

TNI AD Gelar Bazar Murah, Jenderal Maruli: Bantu Rakyat dapatkan Sembako Jelang Lebaran

Selain menikmati kuliner khas Asia Tenggara, para pengunjung disuguhkan pertunjukan kesenian dari Indonesia, Thailand dan Vietnam secara bergantian. Kesenian Indonesia yang tampil yakni tari Pendet yang dibawakan anak-anak diaspora Indonesia, tari Trunajaya oleh Ayu Fenech, Bale Ganjur oleh Kelompok Gamelan Bintang Tiga dan penampilan band KJRI Marseille yakni La Crevette. Sementara Vietnam menampilkan atraksi barongsai dan pertunjukan seni bela diri võ c? truy?n. Thailand pada acara tersebut memperkenalkan demo muay thai dan parade busana tradisionalnya.

Sementara pemerintah setempat yang turut menghadiri bazar ini memberikan apresiasi.

Gelar Pasar Murah di Puluhan Kota, Safari Ramadhan BUMN Fokus Redam Dampak El Nino

“Tahun depan kegiatan ini mungkin bisa diadakan di Parc Bagatelle”, ujar Wakil Wali Kota Marseille Sektor 4 yakni Jean-Marc Bonnaffous sebagaimana dirilis KJRI Marseille, Sabtu 22 Oktober 2022.

Wakil Wali Kota Marseille Sektor 4 diketahui membawahi arrondissement atau wilayah 6 dan 8. Selain itu melihat besarnya animo pengunjung, kegiatan ini tampaknya akan potensial untuk diadakan di ruang publik.

Kemudian Wakil Presiden Dewan Metropolitan Aix-Marseille-Provence bidang Dana Eropa dan Hubungan Internasional Didier Parakian dalam kesempatan tersebut juga menawarkan agar penyelenggaraan Bazar ASEAN tahun depan dapat menggunakan fasilitas Pemda Marseille lainnya yaitu taman Maison Blanche.

Bazar ASEAN memang pada tahun ini diadakan di halaman KJRI Marseille. Kegiatan ini awalnya diinisiasi oleh Business Club ASEAN-Provence-Alpes-Cote d’Azur yang kemudian penyelenggaraannya didukung KJRI dan  Konsul Kehormatan Thailand dan Vietnam di Marseille. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya