Ribuan Domba Padati Jalanan Tersibuk Madrid

Ribuan Domba Padati Jalanan Tersibuk Madrid.
Sumber :
  • BBC/AFP.

VIVA Dunia – Jalan-jalan di Madrid dipadati oleh ribuan domba pada hari Minggu, 23 Oktober 2022. Lebih dari 2.000 domba melewati pusat kota yang ramai untuk acara tahunan. Ribuan domba itu berada di ibu kota Spanyol, yang terletak di rute migrasi kuno di mana para gembala akan memindahkan ternak mereka ke selatan untuk musim dingin.

Rio Waida Bertemu Atlet Selancar Italia dan Jepang di Olimpiade Paris 2024

Acara ini dikenal sebagai Fiesta de la Trashumancia (festival transhumance) dan dipromosikan oleh otoritas wisata setempat. Festival ini dimulai pada tahun 1994 dan dirancang untuk memberi penghormatan kepada warisan pedesaan di daerah tersebut.

Dilansir BBC, event ini mengeksploitasi aturan abad pertengahan yang memungkinkan gembala memiliki hak untuk memotong jalanan kota yang padat dengan membiarkan hewan mereka berjalan-jalan di sana. Setiap tahun, ada biaya yang dibayarkan sebagai imbalan atas perjalanan hewan yang aman, dalam sebuah upacara antara wali kota dan kepala gembala di balai kota.

7 Tempat Wisata di Miami yang Menarik untuk Dikunjungi Pelancong

Ribuan Domba Padati Jalanan Tersibuk Madrid

Photo :
  • BBC/AFP.

Acara ini menghormati kesepakatan pada 1418 dengan dewan kota di mana harga 50 maravedís al millar (50 koin per seribu ekor ternak) ditetapkan untuk lalu lintas hewan. Beberapa gembala yang menemani hewan mengenakan pakaian tradisional, termasuk bakiak, untuk perayaan tersebut.

Cara Ampuh Mengusir Bau Tak Sedap saat Pakai Toilet Bus

Pengunjung kota pada hari Minggu meluangkan waktu untuk melihat pemandangan yang unik tersebut, karena ibu kota luar biasa bebas dari lalu lintas. "Kami tidak tahu (acara ini) tapi kami beruntung," kata seorang turis.

"Kami baru saja tiba kemarin dan mereka memberi tahu kami bahwa acara itu terjadi hari ini. Dan kami seperti - oh ya! Setahun sekali dan kami di sini."

Banyak dari domba-domba itu mengenakan lonceng untuk acara itu, yang membuat kebisingan di jalan-jalan Madrid. Acara dimulai pada 10:30 waktu setempat di taman terbesar di kota itu, Casa de Campo.

Dari sana, domba dibawa ke balai kota untuk upacara pembayaran tradisional, sebelum kembali keluar pada pukul 14:00 waktu setempat. Selain 2.000 domba merino di jalan-jalan kota, ada juga sekitar 100 kambing yang hadir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya