Meski Kena Sanksi Ekonomi Negara Barat, Ekspor Rusia Melonjak 25 Persen Tahun Ini

Ilustrasi bendera Rusia.
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA Dunia – Meski menghadapi sanksi ekonomi dari Negara-negara Barat, ekspor Rusia melonjak 25,4 persen secara tahunan (yoy) menjadi US$431 miliar dalam sembilan bulan pertama 2022, demikian disampaikan seorang pejabat senior pada Senin 24 Oktober 2022.

Sinergi Bea Cukai dan BNN Tekan Peredaran Gelap Narkotika di Wilayah Jawa Tengah

Sementara itu, impor negara tersebut anjlok 15,7 persen selama periode itu, menjadi US$180 miliar, kata Wakil Pertama Kepala Layanan Bea Cukai Federal Rusia Ruslan Davydov dalam konferensi pers.

Ladang minyak di Pulau Sakhalin, Rusia.

Photo :
  • Istimewa
Bea Cukai Yogyakarta Beri Izin Tambah Lokasi Usaha untuk Produsen Tembakau Iris Ini

Hal itu menyebabkan "rekor" pada surplus perdagangan sebesar US$251 miliar atau hampir dua kali lipat dari jumlah pada sembilan bulan pertama. Omzet perdagangan luar negeri Rusia tercatat 611 miliar dolar AS dalam tiga kuartal pertama atau naik 9,6 persen (yoy), tambah Davydov.

Seperti diketahui Rusia menghadapi rentetan saksi ekonomi dari Negara-negara Barat seteah negara itu menginvasi negara tetangga Ukraina. Adapun sanksi Amerika Serikat, Uni Eropa, Inggris, Australia, Kanada dan Jepang yaitu menargetkan bank dan individu kaya, sementara Jerman menghentikan proyek pipa gas besar dari Rusia. (Ant/Antara)

Sepak Terjang Netzah Yehuda, Batalion Tempur Israel yang 'Digebuk' AS
Bea Cukai bersama BNN sita dan musnahkan sabu

Bea Cukai dan BNN Sita dan Musnahkan 21 Kilogran Sabu di Tangerang

Bea Cukai berhasil menyita barang bukti seberat 21 kg, dan seluruhnya telah dimusnahkan pada Rabu (24/04) di Kantor BNNP Banten.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024