Selain Rishi Sunak Ini Deretan Keturunan India yang Jadi Pemimpin di Dunia

Rishi Sunak bertarung politik untuk kepemimpinan Partai Konservatif Inggris
Sumber :
  • Victoria Jones/PA via AP

VIVA Dunia – Rishi Sunak jadi orang pertama asal India yang menjabat sebagai Perdana Menteri (PM) Inggris pada Senin, 24 Oktober 2022. Naiknya Sunak ke puncak kekuasaan itu terjadi saat umat Hindu di seluruh dunia merayakan Diwali. Dia akan menjadi Perdana Menteri kulit non-putih termuda dan pertama di Inggris.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Rishi Sunak juga menjadi Perdana Menteri Inggris ketiga dalam tujuh bulan terakhir. Liz Truss yang memenangkan pemilihan internal partai dan menggantikan Boris Johnson yang telah mengundurkan diri dari pencalonan pada 20 Oktober setelah hanya menjabat selama 45 hari.

Melansir dari Abp Live, Selasa, 25 Oktober 2022, Sunak sendiri pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan Inggris dan dipuji karena paket penyelamatan ekonomi COVID-19.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Rishi Sunak dan istri, Akhshata Murthy.

Photo :
  • Instagram @rishisunakmp

Saat Sunak yang berasal dari India menjadi Perdana Menteri Inggris pertama yang memiliki kulit non-putih pertama di Inggris, berikut adalah beberapa pemimpin yang masih berdarah atau keturunan India lainnya di negara-negara dunia:

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Kamala Harris

Kamala Devi Harris adalah Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) ke-49 dan seorang politisi dan pengacara Amerika. Dia adalah wakil presiden wanita pertama dan pejabat wanita berpangkat tertinggi dalam sejarah AS, serta wakil presiden Afrika-Amerika dan Asia-Amerika pertama.

Lahir di California dari orang tua India dan Jamaika, dia adalah wanita pertama dan orang kulit berwarna pertama yang memegang posisi itu.

Wapres AS Kamala Harris

Photo :
  • AP Photo/Evan Vucci

Dia juga merupakan seorang senator untuk California dari 2017 hingga 2021 dan jaksa agung California dari 2011 hingga 2017. Harris adalah anggota Partai Demokrat.


Pravind Jugnauth

Pravind Kumar Jugnauth adalah politisi Mauritius yang telah menjadi Perdana Menteri negara itu sejak Januari 2017. Jugnauth telah menjadi pemimpin Gerakan Sosialis Militan sejak April 2003. Nenek moyang Pravind Jugnauth berasal dari Uttar Pradesh, dan Jugnauth lahir dalam keluarga Hindu Ahirs.

PM Mauritus Pravind Jugnauth saat berada di Sidang Umum PBB

Photo :
  • AP Photo/Jason DeCrow

Antonio Costa

Antonio Luis Santos da Costa GCIH, Perdana Menteri Portugal ke-119 dan saat ini telah menjabat sejak 26 November 2015. Costa adalah setengah Portugis dan setengah India. Ayahnya lahir dari keluarga Goan di Maputo, Mozambik. Costa sendiri dikenal sebagai Babush di Goa, sebuah kata Konkani yang berarti kekasih muda.

Muhammad Irfan Ali

Pada 2 Agustus 2020, Mohamed Irfaan Ali dilantik sebagai Presiden eksekutif kesembilan Guyana. Ia lahir di Leonora, Pantai Barat Demarara, dalam keluarga Muslim Indo-Guyana.

Ali adalah presiden Muslim pertama Guyana dan kepala negara Muslim kedua di Amerika setelah Noor Hassanali.

Chan Santokhi

Chandrikapersad "Chan" Santokhi adalah seorang politikus dan mantan perwira polisi Suriname yang menjabat sebagai Presiden kesembilan negara itu sejak 2020. 

Santokhi adalah satu-satunya calon presiden Suriname setelah memenangkan pemilu 2020. Dia akhirnya terpilih sebagai presiden secara aklamasi pada 13 Juli, dalam pemilihan yang tidak terbantahkan.

Santokhi lahir pada tahun 1959 di Lelydorp, Suriname, dari keluarga Hindu Indo-Suriname.

Prithvirajsing Roopun

Prithvirajsing Roopun GCSK, juga dikenal sebagai Pradeep Singh Roopun adalah seorang politisi teras Mauritius yang telah menjadi Presiden ketujuh negara itu sejak 2019.

Roopun lahir dalam keluarga Hindu Arya Samaji India.

Leo Varadkar

Leo Eric Varadkar adalah politikus Fine Gael Irlandia yang menjabat sebagai Tanaiste dan Menteri Perusahaan, Perdagangan dan Ketenagakerjaan sejak Juni 2020. Hal itu dia jabat setelah sebelumnya menjabat sebagai Taoiseach dan Menteri Pertahanan dari 2017 hingga 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya