Mertua PM Inggris Rishi Sunak: Selamat, Kami Bangga Padamu

PM Inggris Rishi Sunak
Sumber :
  • AP Photo/David Cliff

VIVA Dunia – N.R. Narayana Murthy, pendiri perusahaan layanan TI India Infosys, mengucapkan selamat kepada menantunya Rishi Sunak karena telah menjadi perdana menteri Inggris pada hari Selasa, 25 Oktober 2022.

Toyota Innova Terbaru Resmi Meluncur dengan Harga Rp400 Jutaan

“Selamat untuk Rishi. Kami bangga padanya dan kami berharap dia sukses,” kata Murthy kepada kantor berita Press Trust of India dalam reaksinya terhadap perubahan kepemimpinan di Inggris.

Sunak, mantan anggota kabinet Boris Johnson, adalah perdana menteri ketiga Inggris dalam tujuh minggu dan orang nonkulit putih pertama yang memegang jabatan teratas.

2 Tersangka Penembakan di Rumah Aktor Salman Khan Ditangkap Polisi

Pengganti Johnson yakni Liz Truss, mengundurkan diri setelah 45 hari menjabat sebagai pemimpin Inggris dengan masa jabatan terpendek.

Royal Enfield Guerilla 450 Siap Meluncur, Bakal Bersaing dengan Motor Ini

Lahir di Southampton, Inggris, Sunak terpilih sebagai pemimpin Partai Konservatif pada Senin, 24 Oktober 2022, setelah saingannya Penny Mordaunt mundur dari pemilihan.

Melansie dari The Sundaily, Rabu, 26 Oktober 2022, orang tuanya keturunan Asia Selatan sama-sama lahir di Afrika Timur.

Sunak memasuki 10 Downing Street, kantor dan kediaman perdana menteri Inggris, bersama istrinya Akshata Murthy dan dua putri mereka. Dia telah bekerja untuk bank investasi Amerika Goldman Sachs.

Sunak dan Akshata bertemu di Amerika Serikat (AS) dan menikah pada 2009.

Pasangan ini memiliki kekayaan senilai lebih dari US$800 juta atau setara dengan Rp12,482 triliun, menurut sebuah laporan. Harta mereka bahkan mengalahkan mendiang Ratu Elizabeth, serta Raja Charles dan Permaisuri Camilla.

PM Inggris Baru, Rishi Sunak dan istrinya, Akshata Murty

Photo :
  • BBC.com

Setelah terpilihnya Sunak sebagai perdana menteri Inggris, banyak orang India merayakan kebangkitan politiknya.

"Siapa sangka ketika India merayakan 75 tahun Kemerdekaan dari Inggris, Inggris akan mendapatkan Perdana Menteri asal India, PM Hindu pertama," tulis aktor Chiranjeevi Konidela di Twitter.

Perdana Menteri India Narendra Modi juga memberi selamat kepada Sunak dalam sebuah tweet di laman Twitternya.

"Selamat paling hangat @RishiSunak! saat anda menjadi PM Inggris, saya berharap dapat bekerja sama secara erat dalam isu-isu global, dan mengimplementasikan Roadmap 2030. Harapan Diwali khusus untuk 'jembatan yang hidup' bagi orang India Inggris, saat kami mengubah ikatan bersejarah kami menjadi kemitraan modern,” tulisnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya