Profil Keluarga Besar Rishi Sunak yang Intelek, Kakek-Nenek hingga Saudara-saudaranya

PM Inggris Baru, Rishi Sunak dan istrinya, Akshata Murty
Sumber :
  • BBC.com

VIVA DuniaRishi Sunak Perdana Menteri Inggris kini menjadi perhatian publik. Oleh karena itu posisi puncak membuat banyak orang ingin tahu latar belakang keluarga dan kariernya termasuk masa lalu dan kisah hidupnya.

Informasi Sistem Penggajian Departemen Pertahanan Inggris Diretas

Dikenal sebagai orang yang menorehkan sejarah di Inggris karena terpilih sebagai PM Inggris non-kulit putih pertama, banyak yang ingin mengetahui siapa dan bagaimana keluarga Sunak sebenarnya. 

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak

Photo :
  • AP Photo/Aberto Pezzali
Rusia Ngamuk dan Ancam Serang Instalasi Militer Inggris, Apa Sebabnya?

Orangtua Rishi Sunak

Rishi Sunak lahir pada 12 Mei 1980 di Southampton dari orang tua Hindu keturunan Punjabi.

Gawat, Serangan Hacker China Bobol Sistem Kementerian Pertahanan Inggris

Melansir dari Metro News, Rabu, 26 Oktober 2022, ayahnya, Yashvir lahir dan besar di Koloni dan Protektorat Kenya yang sekarang kita kenal sebagai Kenya.

Ibunya yakni Ushalahir di Tanganyika, bekas negara berdaulat yang sekarang menjadi bagian dari Tanzania.

Yashvir bekerja di NHS sebagai dokter umum dan Usha bekerja sebagai apoteker yang mengelola apotek lokal.

Di situs webnya, Sunak mengatakan bahwa dia dibesarkan dengan melihat orangtuanya melayani komunitas lokal mereka dengan penuh dedikasi.

Melihat kedua orangtuanya melayani masyarakat menjadi awal mula Sunak terjun ke dunia politik hingga berhasil menjadi perdana menteri Inggris.

Kakek dan Nenek

Tidak banyak yang diketahui tentang kakek-nenek dari pihak ayah Sunak, tetapi menurut Lord Ashcroft dalam Going For Broke: The Rise of Rishi Sunak, nenek dari pihak ibu adalah anggota parlemen, Sraksha, dan nenikah dengan Raghubir ketika dia berusia 16 tahun.

Sraksha lahir di Tanzania dan meyakinkan Raghubir untuk memulai hidup baru di Afrika setelah dia bertemu dengan insinyur kereta api yang bekerja di Tanzania tetapi berasal dari Punjabi.

Raghubir mendapatkan pekerjaan sebagai petugas pajak di Tanzania dan pasangan itu memiliki tiga anak yakni ibu Sunak, dan dua adik laki-lakinya.

Keluarga itu pindah ke Inggris pada tahun 1966 setelah Sraksha dilaporkan menjual semua perhiasan pernikahannya untuk mendanai kepindahan tersebut.

Saudara Kandung

Sunak memiliki dua adik laki-laki, seorang saudara laki-laki bernama Sanjay dan seorang saudara perempuan bernama Raakhi.

Sanjay adalah seorang doktor di bidang psikologi sementara Raakhi bekerja di New York sebagai Kepala Strategi dan Perencanaan di dana global PBB untuk pendidikan dalam keadaan darurat.

Menurut laporan MailOnline, Sanjay bersekolah di sekolah dasar swasta yang sama dengan Sunak, Stroud School, sebelum kuliah di University College London sebagai sarjana pada tahun 1999 dan Birkbeck, University of London sebagai pascasarjana.

Dia melanjutkan untuk belajar kesehatan mental forensik di King's College London, sebelum studi doktoralnya di University of Surrey dalam psikologi klinis.

Raakhi mendirikan perkumpulan Unicef ??Oxford dan menikah dengan spesialis bantuan internasional Peter Williams.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya