Narayana Murthy, Taipan Teknologi Berharta Rp 49,8 Triliun Mertua PM Inggris Rishi Sunak

Miliarder N.R. Narayana Murthy mertua dari Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak
Sumber :
  • Infosys

VIVA Dunia – Miliarder N.R. Narayana Murthy mertua dari Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak kini menjadi sorotan. Dia adalah salah satu orang terkaya di dunia dan sosok yang sangat berpengaruh.

Maroko Masuk dalam 5 Besar Negara Terkaya di Afrika

Kepada NDTV, Sunak mengaku mertuanya tidak mudah terkesan, namun ia bersyukur mendapat bimbingannya. "Dia sangat mendukung," kata Sunak, dikutip dari Four Nine, Rabu, 26 Oktober 2022

"Saya sangat beruntung memiliki seseorang seperti dia sebagai keluarga karena saya mendapat manfaat dari bimbingan dan nasihatnya, dan cukup istimewa untuk memiliki itu dan mendapat dukungannya. Saya benar-benar merasa sangat beruntung, tetapi dia jelas sangat menakutkan, jadi ada sisi itu juga."

Usai Menlu Cina, Eks PM Inggris Tony Blair Datangi Istana Temui Jokowi

PM Inggris Baru, Rishi Sunak dan istrinya, Akshata Murty

Photo :
  • BBC.com

Ayah mertua Rishi Sunak, Narayan Murthy, memiliki kekayaan sebesar US$3,2 miliar atau setara dengan Rp49,822 triliun, dan sering disebut sebagai Bill Gates dari India.

Pakai Adidas Samba, PM Inggris Rishi Sunak Dihujat Hingga Sampaikan Permintaan Maaf, Kenapa?

Dia adalah salah satu pendiri Infosys yang menyediakan konsultasi bisnis, teknologi informasi, dan layanan outsourcing.

Murthy memulai perusahaannya sendiri dengan modal hanya US$250 atau Rp3,892 juta dan timnya hanya beranggotakan enam orang, pada tahun 1981.

Sebagai kepala eksekutif dan ketua perusahaan multinasional India, Murthy memimpin perusahaan dari konsepsi hingga 2014. Dengan demikian, ia memperkuat reputasinya sebagai salah satu pengusaha terbesar di negara India.

Sekarang, Murthy yang berusia 74 tahun sudah pensiun tetapi masih memiliki saham minoritas di Infosys.

Berbicara tentang hubungannya dengan mertuanya, menurut Standar Bisnis, Sunak berkata, "Yang paling penting bagi mertua saya adalah, apakah putri mereka bahagia?" 

Mengenai interaksi keluarga, Sunak menambahkan, "Kami tidak bersaing, kecuali tentang kriket. Kakak ipar saya, Rohan, memiliki lebih banyak IQ dan derajat yang keluar dari telinganya daripada siapa pun yang saya kenal (selain paman istri saya) dan saya belajar banyak darinya,"

Menunjukkan pengaruhnya, dia melanjutkan bahwa mereka (keluarga mertuanya) sangat menyukai Amerika Serikat (AS), mereka juga telah melakukan banyak bisnis di sana.

"Tetapi saya yakin saya telah mengubah mereka dari waktu ke waktu ke pendekatan yang sangat pro-Inggris," ungkapnya

Sunak telah menjadi PM Inggris pertama yang berketurunan Hindu-India. Dia juga menjadi perdana menteri Inggris non-kulit putih pertama yang menjabat sepanjang sejarah Inggris.

Narayana Murthy menyampaikan ucapan selamat kepada menantunya Rishi Sunak karena telah menjadi perdana menteri Inggris pada hari Selasa, 25 Oktober 2022.

"Selamat untuk Rishi. Kami bangga padanya dan kami berharap dia sukses," kata Murthy kepada kantor berita Press Trust of India dalam reaksinya terhadap perubahan kepemimpinan di Inggris.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya