10 Hukuman Penjara Paling Luar Biasa Dalam Sejarah, Ada yang Ribuan Tahun!

Ilustrasi hukuman mati
Sumber :
  • ANTARA/Shutterstock/Ginkolac/aa

VIVA Dunia – Mendekam di dalam penjara saja tentu menjadi hukuman terberat bagi seorang yang telah melanggar hukum. Bagaimana dengan ancaman hukumannya sendiri yang pasti jauh lebih luar biasa.

Izin Menginap di Kantor Polisi, Pria Tuban Ini Ternyata Baru Membunuh Istrinya

Tergantung di mana Anda berada di dunia dan apa yang Anda yakini tentang hukum, penjara dimaksudkan sebagai hukuman, pencegah, atau rehabilitasi. Kadang-kadang dapat melakukan ketiganya, kadang-kadang mungkin hanya melakukan satu dan bahkan hampir tidak. Tampaknya tergantung pada hukuman dan tahanan dalam banyak kasus. 

Tapi selain itu, ada beberapa kesempatan ketika penjara digunakan sebagai pernyataan dramatis, seringkali politis atau mungkin hanya pernyataan moral. Nah berikut ini akan kami bagikan sederet hukuman penjara paling luar biasa dalam sejarah, melansir dari toptenz.net.

Dokter Boyke Sebut Perilaku Menyimpang Homoseksual Bisa Terjadi di Dalam Sel Tahanan

Hukuman penjara.

Photo :
  • U-Report

10. 141.000 Tahun untuk Penipuan

Pengakuan Mengejutkan Wanita yang Bunuh Keponakan Lalu Disembunyikan di Tempat Dupa

Ilustrasi penipuan.

Photo :

Masuk ke Guinness Book of World Records tampaknya menyenangkan, tetapi tidak untuk mendapatkan hukuman terlama dalam sejarah hukuman penjara yang dialami Chamoy Thipyaso. Eksekutif bisnis Thailand itu dinyatakan bersalah menjalankan skema Ponzi yang menipu ribuan orang.

Karena posisinya di industri minyak dan fakta bahwa suaminya adalah pejabat militer berpangkat tinggi, orang-orang mengira calon peluang investasinya mendapat dukungan militer dan terus meningkat, jadi lebih dari 16.000 menginvestasikan $204 juta . Bahkan anggota keluarga kerajaan Thailand ditipu.

Di akhir persidangannya, Thipyaso divonis bersalah dan divonis 141.078 tahun penjara. Luar biasa, bukan? Tapi inilah masalahnya. Di bawah hukum Thailand, sebuah undang-undang disahkan pada tahun yang sama ketika dia dihukum, ada batas hukuman untuk penipuan dan itu adalah 20 tahun.

Jadi kalimat dramatis itu pada dasarnya hanya untuk pertunjukan dan tidak bisa benar-benar ditegakkan. Bahkan lebih mengerikan adalah fakta bahwa dia hanya melayani 8 dari potensi 20 tahun.

9. Terry Nichols Mendapat 161 Hukuman Seumur Hidup

ilustrasi penjara.

Photo :
  • U-Report

Banyak orang dijatuhi hukuman penjara seumur hidup di pengadilan Amerika, yang merupakan istilah yang cukup tumpul tanpa banyak arti yang sangat melibatkan kapan dan bagaimana pembebasan bersyarat dapat ditawarkan. Apakah hidup untuk anak berusia 18 tahun sama dengan hidup untuk anak berusia 90 tahun?

Dan apakah itu sama dari satu negara bagian ke negara bagian lainnya? Jawabannya adalah tidak. Misalnya, di Georgia , seseorang yang dijatuhi hukuman penjara seumur hidup sebelum 1 Juli 2006 dapat memenuhi syarat untuk pembebasan bersyarat setelah 14 tahun.

Tapi setelah tanggal itu 30 tahun. Jadi, apakah 30 tahun adalah hukuman seumur hidup? Di banyak negara bagian, sebenarnya 15 tahun sebelum pembebasan bersyarat dapat diberikan. 

Untuk mengatasi masalah pembebasan bersyarat yang menyebalkan itu, hakim di AS dapat melakukan hukuman berturut-turut untuk kejahatan dan begitulah penjahat dapat berakhir dengan hukuman selamanya dan kemudian beberapa di balik jeruji besi. Ambil contoh, Terry Nichols yang dihukum karena Pemboman Kota Oklahoma.

Dia dijatuhi 161 hukuman berturut-turut , satu hukuman seumur hidup tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat untuk setiap orang yang tewas dalam serangannya. Ini terjadi setelah hukuman mati dicabut. 

8. James Holmes Mendapat 12 Hukuman Seumur Hidup Ditambah 3.318 Tahun

James Holmes adalah pembunuh massal yang membunuh 12 orang di Aurora, Colorado pada tahun 2012 dan melukai 70 orang lainnya. Dia diberi 12 hukuman seumur hidup, satu untuk setiap orang yang dia bunuh, tetapi hakim tidak melakukannya.

Karena niatnya adalah untuk membunuh semua orang, semua orang yang dia lukai adalah kasus percobaan pembunuhan. Dan untuk itu, bersama dengan tuduhan yang berkaitan dengan bahan peledak yang dia gunakan untuk mencurangi rumahnya sendiri, dia dijatuhi hukuman tambahan 3.318 tahun . 

Hukuman itu dipecah menjadi 48 tahun ditambah lima pembebasan bersyarat untuk setiap percobaan pembunuhan ditambah 96 tahun untuk pembunuhan tingkat dua, dan enam tahun untuk bahan peledak. 

Holmes hampir dijatuhi hukuman mati tetapi satu anggota juri tidak setuju dengan hukuman tersebut, memutuskan bahwa masalah kesehatan mental adalah faktor yang meringankan, sementara dua juri lainnya berada di pagar. Pada akhirnya, Holmes tidak akan pernah melihat cahaya hari lagi sebagai orang bebas.


7. Pembuat Bom Abdullah Barghouti Mendapat 67 Hukuman Seumur Hidup Ditambah 5.200 Tahun

Tindakan terorisme seringkali akan menjaring pelakunya dengan hukuman yang lebih lama daripada kejahatan yang hampir identik yang tidak dianggap sebagai tindakan teroris. Abdullah Al-Barghouthi ditangkap karena keterlibatannya dengan Hamas, termasuk menghidupkan kembali sayap bersenjatanya yang melibatkan pembuatan bom. Dia ditahan oleh pasukan Israel dan didakwa dalam tujuh serangan bom yang berbeda. 

Setelah pengadilan militer pada tahun 2004, Al-Barghouti dijatuhi hukuman 67 hukuman seumur hidup yang dihasilkan dari 67 kematian dan sekitar 500 cedera yang dikatakan disebabkannya. Selain itu, ia diberi 5.200 tahun lagi.

Pada tahun 2011 dilaporkan dia menghabiskan seluruh hukumannya hingga saat itu di sel isolasi tanpa pengunjung diizinkan. 

6. Banyak Orang Telah Dihukum Lebih dari 1.000 Tahun karena Perdagangan Narkoba

ilustrasi narkoba

Photo :
  • U-Report

Ketika berbicara tentang kejahatan keji seperti aksi terorisme, pembunuhan dan pemerkosaan, akan jauh lebih mudah untuk memahami kemarahan yang ada di balik beberapa kalimat yang lebih dramatis ini. Tapi bukan itu yang terjadi pada Bentura Flores ketika dia dijatuhi hukuman pada tahun 1973 karena perdagangan manusia.

Hukuman narkoba yang tidak proporsional bukanlah hal baru, tentu saja, dan ada upaya berkelanjutan agar orang-orang di penjara yang menjalani hukuman karena tuduhan ganja dibebaskan karena obat itu sebenarnya sudah legal di banyak negara bagian.

Tetapi Flores didakwa dengan perdagangan heroin yang, meskipun obat yang jauh lebih berbahaya, tampaknya masih dipertanyakan karena pria itu hanya menjual senilai $10 . Meskipun pelanggarannya ringan, Flores dijatuhi hukuman 1.800 tahun penjara. 

Di Oklahoma, Larry D. Kiel berakhir dengan 2.501 tahun untuk perdagangan narkoba ketika dia dijatuhi hukuman pada tahun 1992. Bagian dari hukuman itu termasuk 250 tahun untuk kepemilikan zat yang dikendalikan tanpa cap pajak, dan 250 tahun lagi untuk memelihara kendaraan di mana zat yang dikendalikan disimpan. 

5. Gary Ridgway Mendapat 48 Hukuman Seumur Hidup Ditambah Hampir 500 Tahun

Tidak ada yang namanya pembunuh berantai yang baik, tetapi beberapa pasti lebih buruk daripada yang lain. Di Amerika Serikat. Gary Ridgway, Pembunuh Sungai Hijau, dianggap sebagai yang paling produktif dalam sejarah. Dia mengaku bersalah atas 48 pembunuhan pada tahun 2003 meskipun dia mengaku telah membunuh sekitar 80. Pengakuannya adalah bagian dari kesepakatan pembelaan untuk menghindari hukuman mati.

Seorang hakim memberikan Ridgway 48 hukuman seumur hidup tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat untuk setiap pembunuhan, untuk dilayani secara berurutan. Hakim juga menambahkan 10 tahun tambahan per kasus untuk perusakan bukti, menambahkan 480 tahun ke total hukuman.

Pada tahun 2011, korban ke-49 diidentifikasi. Ridgway mengakui pembunuhan itu juga dan hukuman seumur hidup tambahan ditambahkan ke totalnya.

4. Brenton Tarrant dari Serangan Masjid Christchurch Mendapat 51 Hukuman Seumur Hidup 

ilustrasi hukuman mati

Photo :
  • vstory

Pada 2019, Brenton Tarrant menyerang dua masjid di Christchurch, Selandia Baru dan menewaskan 51 orang serta melukai puluhan lainnya. Dia dinyatakan bersalah di pengadilan dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat. Ini mungkin tidak terdengar signifikan bagi mereka di Amerika Serikat yang hukuman seumur hidup sering dijatuhkan tetapi di Selandia Baru hukuman seumur hidup, hukuman seumur hidup yang sebenarnya di mana terdakwa tidak akan pernah dibebaskan lagi, belum pernah benar-benar dijatuhkan sebelumnya. Tarrant mendapat hukuman terberat dalam sejarah negara itu.

Hukuman penuh, bagaimanapun, secara teknis bukan hanya penjara seumur hidup untuk Tarrant. Dalam putusan hakim dia malah menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada Tarrant untuk masing- masing dari 51 korban pembunuhan . Hakim tidak mengatakan ini bersamaan. Dia juga diberikan 12 tahun untuk masing-masing dari 40 kasus percobaan pembunuhan meskipun ini harus dilakukan secara bersamaan dan bukan berturut-turut. Dia kemudian diberikan hukuman tambahan seumur hidup karena melakukan tindakan terorisme. Jadi, pada dasarnya, dia menjalani 52 hukuman seumur hidup.

3. Darren Bennalford Anderson Mendapat Lebih Dari 11.000 Tahun

Darron Bennalford Anderson mungkin memiliki salah satu pengacara terburuk dalam sejarah Amerika untuk mempertanggungjawabkan hukuman penjaranya. Anderson diadili bersama komplotannya, Allen Wayne McLaurin, untuk pemerkosaan pada tahun 1996. Kedua pria itu diberi hukuman yang dramatis, dengan McLaurin mendapatkan beban itu pada 20.750 tahun . Dia dijatuhi hukuman 13 hukuman berturut-turut dan, meskipun dia memenuhi syarat untuk pembebasan bersyarat, itu hanya setelah jangka waktu minimum dari setiap kalimat yang dicatat oleh pengacaranya berarti dia tidak akan dibebaskan bersyarat sampai tahun 2191, ketika dia berusia 224 tahun. . 

Anderson, tidak seperti rekannya, memulai dengan hukuman yang relatif ringan yaitu hanya 2.200 tahun . Tapi mungkin pengacaranya meyakinkannya bahwa hukuman seperti itu tidak adil, bahkan dalam menghadapi hukuman berat yang diterima rekannya, jadi Anderson mengajukan banding. Hal-hal tidak berjalan dengan baik.

Pada tingkat banding, hakim setuju bahwa Anderson telah dihukum secara tidak benar. Bukannya 2.200 tahun, Anderson diberikan 1.750 tahun untuk penculikan, 2.000 tahun untuk masing-masing dari dua tuduhan pemerkosaan tingkat pertama, 2.000 tahun masing-masing pada dua tuduhan lagi, 500 untuk perampokan dan 500 untuk pencurian besar. Dia berhasil menambahkan lebih dari 9.000 tahun hukumannya dengan total 11.250 tahun. 

2. Tiga Pria Didakwa Dengan Bom Kereta Madrid 2004 Mendapat Lebih Dari 30.000 Tahun Masing-masing

Pada tahun 2004, serangkaian pemboman di Madrid menewaskan 191 orang dan melukai hampir 2.000 lainnya. Sepuluh bom yang disembunyikan di ransel disembunyikan di empat kereta komuter yang berbeda. Ada konspirasi besar di balik serangan itu dan beberapa kelompok teroris diduga terlibat meskipun tampaknya tidak pernah berhasil selama penyelidikan.

Beberapa pihak yang bersalah menerima hukuman yang cukup ringan hanya 23 tahun , relatif berbicara, dan beberapa bahkan dibebaskan. Tapi tidak semua orang turun begitu saja. Tiga orang, yang dihukum karena memasok bahan peledak, dijatuhi hukuman ribuan tahun per buah. Yang satu hampir 43.000 tahun , yang lain 35.000 tahun. 

Sayangnya, ini juga merupakan hukuman yang dibuat untuk pertunjukan karena hukum Spanyol tidak mengizinkan hukuman semacam itu dilakukan. Terlama pria dapat melayani hanya 40 tahun. 

1. Charles Scott Robinson Mendapat Kalimat Terpanjang dalam Sejarah AS

Kalimat terpanjang di dunia, seperti yang kita lihat, adalah sedikit tipuan. Hukuman itu tidak akan pernah benar-benar diberlakukan dan terpidana hanya menjalani hukuman delapan tahun yang remeh. Hampir tidak layak untuk Guinness Record, sungguh. Tetapi di AS, untuk hukuman jangka panjang yang tidak berbelas kasihan pada terdakwa, kita harus kembali ke tahun 1994. 

Charles Scott Robinson sudah menjadi penjahat 8 kali. Dia telah dihukum karena serangkaian kejahatan keji termasuk pemerkosaan dan tindakan tidak senonoh atau cabul dengan seorang anak di bawah 16 tahun. Korbannya adalah seorang gadis berusia tiga tahun. Juri memberinya 5.000 tahun pada masing-masing dari enam tuduhan yang dia dihukum. Minimal, dia akan mendapatkan 20 tahun per hitungan, tetapi juri jelas ingin mengirim pesan. Pesan itu adalah salah satu kemarahan. Kemarahan karena melihat penjahat dihukum lagi dan lagi hanya untuk kembali ke jalanan melakukan kejahatan sekali lagi. Dan sementara pasti ada ruang untuk berargumen bahwa beberapa narapidana dapat direhabilitasi, ini jelas tidak terjadi pada Robinson. 

Pembelaan Robinson menyebut kalimat itu lelucon dan menyarankan itu lebih tentang menunjukkan kemarahan daripada apa pun. Dia mengatakan itu didasarkan pada persepsi yang tidak akurat bahwa kebanyakan penjahat tidak menjalani cukup waktu, meskipun orang membayangkan dia akan kesulitan untuk memenangkan simpati untuk kliennya dalam keadaan khusus itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya