Ribuan Mayat Ditemukan di Wilayah Ukraina yang Direbut dari Rusia

Lubang yang digali tentara Rusia di Kherson bak kantin menyimpan barang konsumsi
Sumber :
  • AP Photo/Leo Correa

VIVA Dunia – Ketika Ukraina merebut kembali sebagian besar negara itu dari Rusia, kementerian pemerintahnya mengatakan telah menemukan mayat hampir seribu orang sipil dan tentara. Sekitar setengahnya ditemukan dalam kuburan massal.

Dasco: Revisi UU Kementerian untuk Mengakomodasi Kepentingan Kebutuhan

Kementerian Reintegrasi Wilayah Pendudukan Sementara Ukraina melaporkan penemuan itu pada hari Rabu, 26 Oktober 2022. 

Dalam sebuah pernyataan, kementerian di Ukraina memberikan informasi lebih lanjut tentang dugaan kejahatan perang Rusia.

Pembunuh Mayat Dibungkus Sarung Santai Jualan di Warung Madura Usai Gorok Korban

Laporan itu muncul kira-kira sebulan setelah para pejabat Ukraina dengan gembira mengumumkan bahwa serangan balasan telah berhasil mendorong pasukan Rusia keluar dari wilayah timur laut dan selatan Ukraina.

Tentara Ukraina mengecek jejak parit yang digali militer Rusia di Kherson

Photo :
  • AP Photo/Leo Correa
Penambahan Kementerian untuk Bagi-bagi Kekuasaan Lumrah dalam Politik, Menurut Pengamat

Melansir dari Newsweek, Kamis, 27 Oktober 2022, pasukan Ukraina telah merebut kembali lebih dari 6.000 kilometer persegi (2.316 mil persegi) dari Rusia sejak awal September.  

Orang-orang Ukraina di daerah-daerah ini telah mengalami dugaan pelanggaran hak asasi manusia di bawah pasukan pendudukan Rusia dan banyak penduduk masih hilang.

Kementerian mengatakan Komisaris untuk Orang Hilang Oleh Kotenko sedang bekerja di wilayah reklamasi Ukraina baru-baru ini dengan lembaga penegak hukum setempat dan kelompok pencarian orang hilang.

Sekitar seribu mayat personel militer dan warga sipil yang digali termasuk anak-anak, dan kementerian melaporkan bahwa 450 ditemukan ditemukan di kuburan massal di Izium, sebuah kota penting yang strategis di wilayah Kharkiv timur laut Ukraina yang dibebaskan selama serangan balasan.

"Ini mungkin segmen tersulit dari kegiatan pencarian kami," kata Kotenko dalam pernyataan Kementerian Reintegrasi.

Pasukan Ukraina juga memperoleh keuntungan di wilayah Kherson di Ukraina selatan, serta di Luhansk dan Donetsk di timur negara itu. Kementerian tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang di mana mayat-mayat lainnya digali.

Kantor Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB (OHCHR) pada hari Senin melaporkan bahwa total 6.374 warga sipil Ukraina telah tewas dan 9.776 terluka sejak Rusia melancarkan invasi 24 Februari 2022 ke negara itu. Kantor tersebut menegaskan sebagian besar korban sipil yang tercatat terkena penggunaan senjata peledak, dan mencatat jumlah sebenarnya kemungkinan jauh lebih tinggi.

Namun, Kremlin membantah menargetkan warga sipil selama konflik.

PBB mengumumkan bulan lalu bahwa mereka telah mengirim penyelidik hak asasi manusia untuk menyelidiki kuburan massal yang dilaporkan di Izium.

Human Rights Watch merilis sebuah laporan pekan lalu yang menemukan bukti pasukan Rusia menyiksa para tahanan di Izium.

Yevhen Zhukov, kepala departemen patroli Kepolisian Nasional Ukraina, mengumumkan pada awal Oktober bahwa 180 mayat, termasuk seluruh keluarga dan anak kecil telah ditemukan di kuburan massal di Lyman, sebuah kota yang baru saja direklamasi di wilayah Donetsk Ukraina.

Ketika pasukan Rusia mundur lebih awal pada musim semi setelah gagal merebut Kiev, muncul laporan tentang ratusan mayat yang ditemukan di jalan-jalan di dekat Bucha.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya