Bus Umrah Jemaah Indonesia Kecelakaan di Jeddah, 2 Orang Tewas

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha.
Sumber :
  • ANTARA/Aria Cindyara

VIVA Dunia – Kecelakaan bus jemaah umrah yang mengangkut warga negara Indonesia (WNI) pada Selasa, 25 Oktober 2022 pukul 23.30 di wilayah Jeddah kota, Arab Saudi. Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Direktur Perlindungan WNI Kemlu, Judha Nugraha.

MPMInsurance Ungkap Perlindungan Asuransi Kecelakaan yang Banyak Orang Belum Tahu

"Telah terjadi kecelakaan bus jemaah umrah di wilayah Jeddah kota, pada tanggal 25 Oktober 2022, yang membawa para jemaah WNI yang ada di wilayah kota, kata Judha dalam konferensi pers pada Kamis, 27 Oktober 2022.

Terkait kecelakaan tersebut, Judha menyampaikan bahwa insiden itu merupakan kecelakaan tunggal dan tidak melibatkan pihak mana pun.

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

Ada pun dalam insiden yang terjadi pada Selasa malam itu menyebabkan dua orang WNI tewas, dan enam lainnya alami luka-luka.

"Kecelakaan ini menewaskan dua WNI yaitu driver atau pengemudi dan muthawif. Sedangkan tercatat ada enam jemaah umrah yang mengalami luka-luka," tambahnya.

10 Tips Mencegah Aksi Kekerasan Antar Siswa di Sekolah

Pasien yang mengalami luka-luka tersebut, kata Judha, dibawa ke Rumah Sakit King Abdul Aziz dan mendapatkan perawatan. Namun, lima diantara orang yang mengalami luka-luka tersebut dapat menjalankan umrah. Sedangkan satu lainnya masih dalam perawatan.

Saat mendengar informasi tersebut Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah segera mengirimkan tim perlindungan WNI ke wilayah Mekah dan berkoordinasi dengan otoritas setempat.

"Atas kecelakaan ini kami mengucapkan turut berduka cita dan KJRI Jeddah telah memberikan bantuan dan terus memberikan bantuan kepada jemaah dan juga korban," kata dia lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya