Polisi Iran Tembaki Ribuan Pengunjuk Rasa di Kampung Halaman Mahsa Amini

Lubang peluru di Shah Cheragh di Iran usai usai 40 hari kematian Mahsa Amini
Sumber :
  • Iranian Students' News Agency, ISNA via AP

VIVA Dunia – Pasukan keamanan Iran menembaki ribuan pengunjuk rasa yang berkumpul pada hari Rabu, 26 Oktober 2022 di kampung halaman Mahsa Amini untuk menandai 40 hari kematiannya, menurut sebuah kelompok hak asasi manusia dan video yang diverifikasi.

Bursa Saham Asia Kompak Anjlok Imbas Eskalasi Konflik Iran-Israel, BEI Buka Suara

Mahsa Amini, seorang warga Iran berusia 22 tahun asal Kurdi, meninggal pada 16 September, tiga hari setelah penangkapannya di Teheran oleh polisi moral karena diduga melanggar aturan berpakaian islami untuk wanita.

Kemarahan berkobar di pemakamannya dan dengan cepat memicu protes luas, wanita muda memimpin protes tersebut membakar jilbab mereka dan menghadapi pasukan keamanan, dalam gelombang kerusuhan terbesar di republik Islam selama bertahun-tahun.

Brigjen Sharif Tuding Israel Berbohong Pembangkit Listriknya Rusak Usai Serangan Iran

Meskipun langkah-langkah keamanan ditingkatkan, pelayat membanjiri Saqez di provinsi Kurdistan barat untuk memberikan penghormatan kepada Amini di makamnya pada akhir masa berkabung tradisional.

Melansir dari The Sundaily, Kamis 27 Oktober 2022, dalam gambar yang viral dari tempat kejadian, seorang wanita muda terlihat berdiri di atap mobil tanpa penutup kepala jilbab, melihat ke kejauhan di jalan raya yang penuh dengan puluhan kendaraan dan pelayat.

Iran Bantah Rudal Israel Meledak di Isfahan: Itu Drone yang Ditembak Jatuh

"Matilah diktator," teriak pelayat di pemakaman Aichi di luar Saqez, sebelum banyak yang terlihat menuju kantor gubernur di pusat kota, di mana media Iran mengatakan beberapa siap menyerang pangkalan militer.

"Pasukan keamanan telah menembakkan gas air mata dan menembaki orang-orang di alun-alun Zindan Kota Saqez,” kata Hengaw, sebuah kelompok hak asasi manusia yang berbasis di Norwegia yang memantau pelanggaran hak di wilayah Kurdi Iran, tanpa menyebutkan secara spesifik apakah ada yang tewas atau terluka.

Kantor berita ISNA Iran mengatakan internet telah diputus di Saqez karena alasan keamanan, dan hampir 10.000 orang telah berkumpul di kota itu.

Tetapi ribuan lainnya terlihat berjalan dengan mobil, sepeda motor dan berjalan kaki di sepanjang jalan raya, melalui ladang dan bahkan melintasi sungai.

Dengan bertepuk tangan, berteriak dan membunyikan klakson mobil, para pelayat memadati jalan raya yang menghubungkan Saqez ke pemakaman Amini yang berjarak delapan kilometer (lima mil).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya