Tragedi Halloween Itaewon, 149 Orang Tewas dan 78 Lainnya Luka

Sebanyak 149 orang tewas dan 78 lainnya luka saat perayaan Halloween di Itaewon, Korea Selatan, Sabtu 29 Oktober 2022.
Sumber :
  • Yonhap.

VIVA Dunia –Sedikitnya 149 orang tewas dan lebih dari 78 lainnya terluka dalam kerumunan massa di Itaewon, Yongsan-gu, pusat kota Seoul, menurut otoritas kebakaran pada Minggu 30 Oktober 2022 pukul 5:00 pagi. Pemadam kebakaran mulai menerima laporan pasien yang mengalami kesulitan bernapas pada pukul 10:22 malam, Sabtu ini.

Mobil Tahanan Prancis Disergap Kelompok Bersenjata, 2 Sipir Tewas-Napi Kabur

Dari 149 orang yang meninggal, 101 dirawat di rumah sakit. 45 mayat yang tersisa disimpan di lokasi, dan kemudian dipindahkan ke gimnasium dalam ruangan serbaguna di dekatnya. Proses identifikasi korban diperkirakan akan memakan waktu, menurut petugas pemadam kebakaran.

Melansir dari The Korea Herald, Minggu, 30 Oktober 2022, sebagian besar yang tewas berusia 20-an. Para pejabat memperkirakan bahwa jumlah korban akan terus meningkat sepanjang hari. Otoritas kebakaran Seoul juga mengatakan mereka telah menerima 81 laporan tentang orang yang mengalami kesulitan bernapas, pada pukul 23.30.

Kang Hoon Resmi Gabung Running Man! Tapi Cuma untuk Sementara

Sebanyak 149 orang tewas dan 78 lainnya luka saat perayaan Halloween di Itaewon, Korea Selatan, Sabtu 29 Oktober 2022.

Photo :
  • Yonhap.

Diketahui, ada sekitar 100.000 orang berada di distrik hiburan sepanjang hari Sabtu untuk merayakan akhir pekan Halloween pertama tanpa masker dan langkah-langkah jarak sosial, sejak awal pandemi COVID-19.

Papan Reklame Roboh di India, 12 Orang Tewas dan 60 Orang Luka-luka

"Semua kementerian dan lembaga terkait, yang dipimpin oleh menteri administrasi publik dan keamanan, harus melakukan segala upaya untuk segera memberikan bantuan kepada para korban," kata Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, melalui juru bicaranya Lee Jae-myung.

Presiden juga menyerukan langkah-langkah keamanan untuk menghadapi keadaan darurat yang dapat dipicu pada acara Halloween yang berlangsung di seluruh negeri.  

Wali Kota Seoul Oh Se-hoon juga telah memutuskan untuk segera kembali dari perjalanan bisnisnya di Eropa, untuk kembali ke Korea Selatan, menurut laporan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya