Kelompok Teroris Al-Shabab Ledakan 2 Bom di Somalia, 100 Orang Tewas

Bom meledak di ibu kota Somalia
Sumber :
  • The Guardian

VIVA Dunia – Sedikitnya 100 orang tewas dalam dua pemboman mobil hari Sabtu di persimpangan di Ibu Kota Somalia, dan jumlah korban bisa meningkat dalam serangan paling mematikan di negara itu sejak pemboman truk di tempat yang sama lima tahun lalu menewaskan lebih dari 500 orang.

Serang Israel, Uni Eropa Bakal Jatuhi Iran Sanksi

Dilansir Associated Press, Presiden Hassan Sheikh Mohamud, di lokasi ledakan di Mogadishu, mengatakan kepada wartawan bahwa hampir 300 orang lainnya terluka. “Kami meminta mitra internasional kami dan Muslim di seluruh dunia untuk mengirim dokter mereka ke sini karena kami tidak dapat mengirim semua korban ke luar negeri untuk perawatan,” katanya.

Ilustrasi Asap dari ledakan besar bom di Kota Mogadishu, Somalia.

Photo :
  • Repro Instagram
Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Kelompok ekstremis al-Shabab yang terkait dengan al-Qaida, yang sering menargetkan ibu kota dan menguasai sebagian besar negara, mengaku bertanggung jawab, dengan mengatakan pihaknya menargetkan kementerian pendidikan. Ia mengklaim kementerian itu adalah "basis musuh" yang menerima dukungan dari negara-negara non-Muslim dan "berkomitmen untuk mengeluarkan anak-anak Somalia dari agama Islam."

Al-Shabab biasanya tidak membuat klaim tanggung jawab ketika sejumlah besar warga sipil terbunuh, seperti dalam ledakan tahun 2017. Kelompok itu mengatakan mereka berkomitmen untuk berperang sampai negara itu diperintah oleh hukum Islam, dan meminta warga sipil untuk menjauh dari wilayah pemerintah.

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

Presiden Somalia, yang terpilih tahun ini, mengatakan negara itu tetap berperang dengan al-Shabab “dan kami menang.”

Serangan di Mogadishu terjadi pada hari ketika presiden, perdana menteri dan pejabat senior lainnya bertemu untuk membahas upaya yang diperluas untuk memerangi ekstremisme kekerasan dan terutama al-Shabab. Para ekstremis, yang bertujuan membentuk negara Islam, telah menanggapi serangan tersebut dengan membunuh para pemimpin klan terkemuka dalam upaya nyata untuk menghalangi dukungan akar rumput.

Serangan itu telah membanjiri responden pertama di Somalia, yang memiliki salah satu sistem kesehatan terlemah di dunia setelah konflik selama beberapa dekade. Di rumah sakit dan di tempat lain, kerabat yang panik mengintip di bawah terpal plastik dan ke dalam kantong mayat, mencari orang yang dicintai.

Halima Duwane sedang mencari pamannya, Abdullahi Jama. "Kami tidak tahu apakah dia hidup atau mati, tetapi terakhir kali kami berkomunikasi dia ada di sekitar sini," katanya sambil menangis.

Saksi-saksi serangan itu tercengang. "Saya tidak bisa menghitung mayat di tanah karena (jumlah) korban jiwa," kata saksi mata Abdirazak Hassan. Dia mengatakan ledakan pertama menghantam tembok perimeter kementerian pendidikan, tempat pedagang kaki lima dan penukaran uang berada.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya