Potret Serunya Perayaan Halloween di Arab Saudi, Gunakan Kostum Seram hingga Berpesta

Perayaan Halloween di Riyadh, Arab Saudi
Sumber :
  • The New York Times

VIVA Dunia – Perayaan spooky season atau Halloween telah dimulai di seluruh dunia, termasuk di Riyadh, Arab Saudi setelah tempat bernama Boulevard diubah menjadi lokasi pesta kostum bernama "Scary Weekend", yang berlangsung pada hari Kamis 27 dan Jumat 28 Oktober 2022. 

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

Melansir Arab News, pengunjung diberikan akses masuk gratis ke Boulevard dengan syarat mereka harus mengenakan kostum dan berdandan menakutkan.

Acara ini didedikasikan untuk menampilkan penyamaran yang menakutkan dan memamerkan desain kreatif para warga Saudi. Tujuannya adalah untuk menciptakan suasana yang penuh dengan kesenangan, sensasi, dan kegembiraan saat orang-orang menemukan cerita di balik berbagai kostum karakter.

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

Perayaan Halloween di Riyadh, Arab Saudi

Photo :
  • The New York Times

Salah satu peserta, Abdulrahman, memamerkan kostum makhluk mitologi Amerika Utara, Wendigo. Legenda mengatakan bahwa makhluk folkloric adalah roh jahat yang merasuki manusia, menyerukan perasaan serakah dan lapar, dan memakan daging mereka. Ini adalah kali pertama Abdulrahman merayakan Halloween di Arab Saudi.

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

“Ini perayaan besar, jujur, dan ada semangat kegembiraan.. Dalam hal haram atau halal, saya tidak tahu tentang itu. Kami merayakannya hanya untuk bersenang-senang dan tidak ada yang lain. Kami tidak percaya pada apa pun," katanya kepada Arab News.

Perayaan Halloween di Riyadh, Arab Saudi

Photo :
  • The New York Times

Sementara Halloween telah lama dijauhi di Arab, para pengunjung di acara tersebut menggambarkan acara itu sebagai bentuk hiburan yang tidak berbahaya.

Salah satu pengunjung acara, Khaled Alharbi, mengatakan: “Tindakan ini didasarkan pada niat. Aku di sini hanya untuk bersenang-senang."

Perayaan Halloween di Riyadh, Arab Saudi

Photo :
  • The New York Times

Alharbi datang bersama keluarganya, dengan anggota berpakaian seperti dokter, perawat, dan konsultan berlumuran darah. Mereka menciptakan latar belakang di balik kostum mereka, tiba di Boulevard tepat pada waktunya untuk pesta kostum terbesar di kota itu. 

Alharbi menggendong seorang anggota keluarga berusia dua tahun yang berpakaian seperti penyihir, yang dengan main-main mengucapkan mantra kegilaan pada anggota keluarga lainnya.

Perayaan Halloween di Riyadh, Arab Saudi

Photo :
  • REUTERS

Ini juga pertama kalinya banyak keluarga merayakan Halloween.

Di dekatnya, penyihir lain duduk dengan rambut merah beludru dan topi pesta, ditemani temannya, berpakaian seperti Catwoman. Duduk di trotoar, melengkapi kostum mereka dengan tato temporer, keduanya menceritakan pengalaman mereka kepada Arab News.

“Saya mencoba membuat campuran perhiasan dan tato eyeliner. Saya pikir makeup juga menginspirasi saya. Ini adalah pertama kalinya saya merayakan Halloween. Tahun lalu saya melewatkan tanggalnya, jadi saya tidak akan melewatkannya kali ini,” kata penyihir itu, Ameera.

Perayaan Halloween di Riyadh, Arab Saudi

Photo :
  • REUTERS

Pasangan ini menambahkan bahwa acara tersebut adalah kesempatan yang bagus untuk mengekspresikan kreativitas mereka dan merayakannya dengan publik Saudi. Keduanya bekerja di rumah sakit dan mengatakan bahwa berdandan adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres dan bersenang-senang.

Acara ini dilengkapi dengan pertunjukan kembang api, sound effect yang disempurnakan dan dekorasi yang seram. Acara serupa terjadi awal tahun ini di Boulevard Riyadh City dan Winter Wonderland pada 17 dan 18 Maret.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya