3 Tragedi 'Horor' Dunia Selama Oktober, Dari Kanjuruhan Sampai Itaewon

Petugas membantu para korban perayaan Halloween di Seoul
Sumber :
  • CNA

VIVA Dunia – Bulan Oktober tahun 2022 ini dipenuhi sejumlah tragedi mengerikan di sejumlah negara di dunia yang mengakibatkan tewasnya ratusan orang. Tim Viva telah merangkum sejumlah peristiwa mengerikan yang terjadi sejak awal Oktober 2022.

Jamaika Akhirnya Akui Palestina Sebagai Negara, Peringatkan Israel Tarik Pasukan Militer

1. Tragedi Kanjuruhan
 

Kericuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, Arema vs Persebaya

Photo :
  • (Foto AP/Yudha Prabowo)
Shin Tae-yong Galau Harus Hadapi Negara Sendiri

Tragedi Kemanusiaan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur ini menjadi peristiwa mengerikan pertama yang terjadi di bulan Oktober 2022. Tragedi tersebut terjadi pada tanggal 1 Oktober 2022 dimana sebanyak 135 orang tewas setelah menyaksikan pertandingan klub sepak bola Arema FC melawan Persebaya.

Peristiwa ini bermula pada saat para penonton masuk ke lapangan karena klub yang didukungnya yakni Arema FC kalah oleh Persebaya. Dalam kondisi tersebut, kemudian aparat kepolisian menembakkan gas air mata yang menjadi pemicu kepanikan penonton dan mengakibatkan penonton berusaha keluar dari stadion.

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal Dunia

Penonton kemudian berlarian keluar dan berdesak-desakan dan mengakibatkan banyak penonton yang kehabisan nafas, lemas dan akhirnya meninggal dunia di tempat. Ada juga korban lainnya yang terjadtuh dan terinjak oleh penonton.

Sampai saat ini pihak kepolisian telah menetapkan enam orang tersangka yang terdiri dari tiga sipil dan tiga aparat kepolisian. Mereka yaitu Direktur Utama LIB Ahmad Hadian Lukita, Ketua Panitia Pelaksana Arema Malang Abdul Haris dan Security Officer Steward Suko Sutrisno, Kabag Ops Polres Malang Kompol Wahyu Setyo Pranoto, Kasat Samapta Polres Malang AKP Bambang Sidik Achmadi, dan Komandan Kompi (Danki) Brimob Polda Jatim inisial AKP Hasdarman.

2. Tragedi Halloween Itaewon

Sebanyak 149 orang tewas dan 78 lainnya luka saat perayaan Halloween di Itaewon, Korea Selatan, Sabtu 29 Oktober 2022.

Photo :
  • Yonhap.

Malam perayaan Halloween berubah menjadi horor usai ratusan ribu orang menyerbu kawasan kelab dan bar di Itaewon, Seoul, Korea Selatan untuk berpesta pada 29 Oktober 2022. Peristiwa ini mengakibatkan ratusan orang tewas dan terluka. 

Korban tewas akibat tragedi horor di Itaewon sampai dengan sat ini menyentuh angka 154 orang, dan 26 di antaranya adalah warga asing.  

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan kemudian mengungkapkan bahwa puluhan warga asing yang menjadi korban tersebut berasal dari 14 negara. Sebanyak tiga personel militer Korea Selatan juga tewas dan empat lainnya mengalami luka dalam tragedi Halloween Itaewon. Sementara itu, salah satu artis kontestan Produce 101 Season 2 Lee Ji-han juga meninggal.

Selain itu, Pemerintah metropolitan Seoul juga mengatakan bahwa mereka telah menerima 355 laporan orang hilang terkait dengan tragedi tersebut. Sekitar 60 anggota staf telah ditugaskan ke sekitar 50 rumah sakit untuk mendukung pencarian keluarga korban yang berduka.

3. Jembatan Gantung Ambruk di India

Relawan mengevakuasi korban tewas jembatan ambruk di Kota Morbi, India

Photo :
  • AP Photo/Ajit Solanki

Jembatan gantung di atas sungai Machhu di kota Morbi, di negara bagian Gujarat barat India, runtuh pada hari Minggu, 30 Oktober 2022. Akibat peristiwa itu tidak kurang dari 132 orang tewas karena terjatuh dari jembatan setinggi 765 kaki atau sekitar 233,2 meter.

Dari rekaman yang disiarkan oleh saluran TV lokal Zee News menunjukkan orang-orang berpegangan pada kabel jembatan yang ambruk dan sebagian tercebur ke sungai, ketika tim darurat dan penyelamat menggunakan perahu dan ban karet untuk menjangkau mereka.

Pihak berwenang mengatakan hampir 500 orang, termasuk wanita dan anak-anak, sedang merayakan festival keagamaan di sekitar jembatan gantung yang berusia hampir 150 tahun di kota Morbi. Hal ini menyebabkan struktur jembatan reyot sehingga runtuh dan orang-orang yang berada di jembatan terjatuh ke sungai.

Perdana Menteri India Narendra Modi, yang berada di Gujarat untuk kunjungan tiga hari, mengatakan dia telah mengarahkan kepala menteri negara bagian untuk segera memobilisasi tim untuk operasi penyelamatan. Sementara itu, pemerintah negara bagian mengatakan telah membentuk tim khusus untuk menyelidiki bencana tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya