Presiden Jokowi Peringkat 13 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

Presiden Jokowi menjadi Inspektur Upacara di HUT TNI ke 77
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Dunia – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Cholil Staquf yang akrab disapa Gus Yahya masuk ke dalam 500 tokoh Muslim paling berpengaruh pada tahun 2023. 

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Dalam urutan tokoh Muslim tersebut, Presiden Jokowi berada di urutan ke 13, sementara Gus Yahya berada di urutan 19 dan Habib Luthfi bin Yahya di urutan 30. 

Melansir dari The Muslim 500, Senin, 31 Oktober 2022, dalam urutan pertama Muslim paling berpengaruh 2023 adalah Raja Arab Saudi King Salman bin Abdul-Aziz, kemudian yang berada di urutan kedua yakni Pemimpin Agung Republik Islam Iran Ayyatollah Hajj Sayyid Ali Khamenei, dan urutan ketiga adalah Emir Qatar, Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani. 

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Selain itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berada di urutan keempat tokoh muslim yang paling berpengaruh pada 2023, disusul dengan urutan kelima Sheikh Muhammad Taqi Usmani yang merupkan seorang cendikian Islam Pakistan sekaligus pemimpin Deobandi di urutan keenam.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

"Selain sebagai warga negara masing-masing, mereka juga memiliki rasa memiliki terhadap ummah, dan komunitas Muslim di dunia," tulis laporan tersebut.

Daftar nama tokoh Muslim paling berparung di dunia itu berjudul The Muslim 500: The World's Most Influential Muslims berdasarkan hasil survei tahunan yang dilakukan Pusat Pembelajaran Strategis (RISSC) Kerajaan Yordania, yang berpusat di Amman.

Diketahui, Presiden RI Jokowi sebelumnya juga langganan masuk dalam daftar tokoh muslim berpengaruh di dunia tahun 2021. Pengakuan itu dinilai sebagai kiprah dan kepeloporan muslim Indonesia yang dilihat dunia.  

Dilansir dari situs resminya, daftar itu bertajuk The Muslim 500 : The World’s 500 Most Influential Muslims 2022. Presiden Jokowi berada di urutan ke 13 dalam daftar tokoh muslim paling berpengaruh di dunia.  

Dari Indonesia, juga terdapat nama Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj yang berada di urutan ke-19. Lalu, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres)  Habib Muhammad Luthfi bin Yahya.  

Presiden Jokowi berdoa bersama Mbah Moen dan Habib Luthfi beberapa waktu silam.

Photo :
  • istimewa

Selain Jokowi, nama-nama yang masuk dalam daftar tokoh muslim dunia berpengaruh seperti Raja Salman bin Abdul-Aziz Al-Saud dari Arab Saudi. 

Lalu, ada juga pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei. Selain itu, ada Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan, Raja Maroko Muhammad VI, Perdana Menteri Pakistan Imran Khan dan pesepakbola asal Mesir yang bermain di Liverpool, Mohammad Salah. 

Adapun di urutan pertama di tahun 2021, ada emir Qatar yakni Sheikh Tamim bin Hamid Al-Thani.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya