Menlu Retno: 18 Kepala Negara Ingin Ketemu Presiden Jokowi di KTT G20

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpidato pada acara bertajuk
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpidato pada acara bertajuk
Sumber :
  • ANTARA/Gilang Galiartha

VIVA Dunia – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat bersama jajaran kabinet untuk persiapan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin, 31 Oktober 2022. Mengutip keterangan resmi Sekretariat Presiden, dalam pertemuan puncak negara-negara G20 di bawah presidensi Indonesia tersebut akan digelar di Bali pada November 2022 mendatang. 

Dalam pertemuan ini, Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Indonesia Retno Marsudi menyebut sudah 18 negara yang mengajukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo pada saat KTT G20 berlangsung. Namun, ia belum membeberkan daftar lengkap negara tersebut. Akan tetapi, ia memastikan Amerika Serikat menjadi salah satu negara dalam daftar itu.

"Untuk bilateral sejauh ini sudah, saya lupa datanya, tetapi sekitar 18-20 (perwakilan negara). Kita akan melakukan bilateral dengan Amerika," ujar Retno di Istana Kepresidenan Jakarta. 

Menlu Retno Marsudi di Pertemuan Menteri Luar Negeri Gerakan Non-Blok, New York

Menlu Retno Marsudi di Pertemuan Menteri Luar Negeri Gerakan Non-Blok, New York

Photo :
  • ANTARA/HO-Kemenlu RI

Retno menyampaikan pihaknya sedang mengatur jadwal pertemuan bilateral tersebut. Dia berkata kemungkinan sebagian pertemuan tak digelar di sela-sela KTT G20.

"Kita sedang mencoba untuk memasukkan di sela pertemuan. Jadi Bapak Presiden kan harus memimpin, sehingga kesempatan untuk melakukan pertemuan bilateral juga hanya bisa dilakukan di in between pertemuan itu," katanya.

"Tetapi kalau masih ada yang belum mendapatkan kita akan coba mengakali, misalnya pertemuan ASEAN. Kalau mereka hadir di ASEAN beberapa, oke mungkin kita bilateralnya di ASEAN," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title