Gus Yahya Kumpulkan Pemuka Agama G20 di Bali, Bahas Konflik Antar Umat Beragama

Ketua Umum PBNU Gus Yahya saat konferensi pers R20 di Bali
Ketua Umum PBNU Gus Yahya saat konferensi pers R20 di Bali
Sumber :
  • VIVA/Natania

VIVA Dunia – Ketua Umum Pengurus Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Cholil Staquf atau yang akrab disapa Gus Yahya, meyakini Forum Agama G20′ atau ‘Religion 20’ (R20) di Bali akan membawa dampak besar bagi dunia. 

Dalam acara yang diselenggarakan di Bali, 1 November 2022, R20 turut melibatkan para tokoh agama dari berbagai dunia. Adanya forum agama tersebut merupakan langkah baru bagi semua masyarakat beragama untuk memecahkan perang agama yang masih sering terjadi. 

Pada konferensi pers yang diadakan di Grand Hyatt, Bali, Gus Yahya menjabarkan tujuan dari pertemuan tersebut.

"Idenya adalah agar para pemimpin agama internasional berkumpul, dan melakukan percakapan, percakapan yang jujur ??dan melangkah maju mengenai berbagai substansi," kata Gus Yahya saat konferensi pers, Selasa, 1 November 2022.

Dia juga memberikan dua ide dari gagasan tersebut, pertama, mengenai bagaimana semua orang menyikapi realitas problematik hubungan antar umat beragama yang berbeda dan realitas situasi yang masih sangat problematis di berbagai tempat di dunia.

Kemudian yang kedua tentang bagaimana para pemuka agama dapat mengembangkan pejabat tentang agama sebagai sumber solusi atas berbagai permasalahan dengan menanamkan nilai-nilai luhur dan spiritual agama dalam dinamika politik dan ekonomi internasional.

Halaman Selanjutnya
img_title