Pesawat Tanzania Jatuh ke Danau, 19 Orang Penumpangnya Tewas

Sebuah pesawat penumpang Tanzania jatuh ke Danau Victoria.
Sumber :
  • CHARLES MWEBEYA TBC.

VIVA Dunia – Sebuah pesawat penumpang Tanzania jatuh ke Danau Victoria saat berusaha mendarat di kota Bukoba, Minggu 7 November 2022, menewaskan sedikitnya 19 orang. Dari 43 penumpang di dalamnya, ada 24 orang yang selamat, menurut operator Precision Air.

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

Kedua pilot awalnya selamat dan berhasil berbicara dengan pejabat lokal dari kokpit, tetapi perdana menteri Tanzania mengatakan mereka mungkin telah meninggal. Pesawat itu jatuh di dekat pantai di ujung landasan pacu bandara Bukoba.

Tim penyelamat mengarungi air untuk membawa beberapa penumpang yang masih berada di dalam pesawat ke tempat yang aman.

Adu Banteng Pick Up Dengan Dua Motor di Citayam, Seorang Meninggal Dunia

Peta Tanzania.

Photo :
  • Dok. BBC

Tragedi itu, yang terjadi sekitar pukul 08:50 waktu setempat (05:50 GMT), diduga akibat cuaca buruk. Pekerja darurat telah menggunakan tali untuk menarik pesawat ATR-42 lebih dekat ke pantai, dan beberapa tubuh pesawat sekarang berada di atas air.

Sandiaga Uno Puji Karung Penyelamat Motor di Turunan Maut, Reaksi Netizen di Luar Dugaan

Richard Komba, seorang yang selamat dari kecelakaan itu, mengatakan kepada BBC bahwa ketika pesawat akan mendarat, cuaca memburuk, memaksa pilot untuk mengubah rute pesawat.

"Kami kemudian diberitahu bahwa kami akan segera mendarat, tetapi ada turbulensi yang hebat. Kami kemudian mengetahui kami di danau," kata Komba.

"Air kemudian masuk ke pesawat, dan mereka yang duduk di dekat bagian depan terendam olehnya. Saya berada di kursi belakang dan sebagian besar dari kami yang berada di belakang pesawat berjuang untuk keluar."

Dia mengatakan salah satu awak kabin berjuang untuk membuka pintu pesawat, dan akhirnya bisa dibuka.

"Ketika kami keluar, tidak ada perahu di sana - butuh waktu cukup lama untuk diselamatkan, tetapi perahu yang datang tidak begitu bagus, itu kano." Tetapi dia mengatakan kapal penyelamat lainnya tiba beberapa menit kemudian.

Perdana Menteri Tanzania, Kassim Majaliwa, mengatakan penumpang yang diselamatkan berada di rumah sakit dan tidak terluka parah, "tetapi mereka syok dan khawatir".

Sebelumnya, Majaliwa pergi ke tempat kejadian dan mengatakan penyelidikan ekstensif akan dilakukan untuk menentukan penyebab penuh kecelakaan itu.

"Kami masih mengidentifikasi mayat-mayat itu, tetapi kemungkinan besar pilot tewas," katanya.

Presiden Samia Suluhu Hassan telah menyatakan belasungkawanya kepada mereka yang terkena dampak dan menyerukan ketenangan saat operasi penyelamatan berlanjut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya