Kardinal Jean-Pierre Ricard Termasuk 11 Uskup Pelaku Pedofilia, Lecehkan Bocah 14 Tahun

Tampang Kardinal Prancis, Jean-Pierre Ricard pelaku pedofilia
Sumber :
  • Sydney Morning Herald

VIVA Dunia – Pihak berwenang Prancis telah membuka penyelidikan terhadap salah satu anggota tertinggi Gereja Katolik Prancis, yang mengaku melakukan pelecehan seksual terhadap seorang gadis berusia belasan tahun ketika dia masih jadi pastor paroki, pada 35 tahun silam.

Jaga Toko Kue Sendirian, Pegawai Wanita Ini Jadi Korban Tindakan Asusila

Dilansir dari Sydney Morning Herald, Rabu, 9 November 2022, Presiden Konferensi Waligereja Prancis, Eric de Moulins-Beaufort, mengatakan Jean-Pierre Ricard, seorang uskup lama Bordeaux yang diangkat menjadi kardinal oleh Paus Fransiskus pada tahun 2016, mengakui pernah melakukan pelecehan seksual terhadap gadis berusia 14 tahun.

Tampang Kardinal Prancis, Jean-Pierre Ricard pelaku pedofilia

Photo :
  • Today
Remaja Tikam 2 Pendeta Resmi Ditetapkan Sebagai Tersangka Terorisme

Eric de Moulins mengungkap, tindakan tersebut dilakukan saat Ricard masih menjadi pastor paroki. Selain itu, ia juga menemukan fakta mencengangkan, terdapat 11 orang uskup yang diduga ikut terlibat. Nantinya, sebelas uskup itu bakal menghadapi tuntutan atau tindakan disiplinan dari gereja.

Pada hari Selasa, kantor kejaksaan Marseille mengatakan telah membuka penyelidikan awal terhadap Kardinal Ricard. “Pengakuan kardinal itu telah mengejutkan para uskup Katolik di Prancis,” kata Eric de Moulins

Detik-detik Bharada Richard Eliezer Pindah Agama Jelang Menikah dengan Ling Ling

Sementara, dalam laporannya pada Oktober 2021, sebuah komisi independen yang dibentuk oleh Gereja Katolik di Prancis menemukan sekitar 216.000 anak dilecehkan oleh para uskup atau tokoh agama sejak 1950-an, sebagian besar anak laki-laki berusia 10-13 tahun.

Angka 216.000 di atas adalah pelecehan yang dilakukan oleh para uskup saja, itu belum digabungkan oleh tokoh-tokoh gereja seperti pemimpin pramuka, penasihat kamp dan guru sekolah. Jika digabung angka tersebut meningkat jadi 330.000 kasus di Gereja Katolik Prancis selama beberapa dekade.

Lebih lanjut, Eric mengatakan ada bukti hingga 3.200 pelaku dan bukti telah diserahkan ke jaksa dalam 22 kasus, dia berharap bukti-bukti tersebut cukup untuk menjerat tindakan kriminal lainnya.

Komisi yang menyamoaikan laporan tersebut membeberkan adanya penyembunyian “sistemik” oleh pejabat gereja terkait hal ini. Mereka mendesak Gereja Katolik Prancis untuk menghormati aturan hukum di Prancis.

Untuk diketahui, Jean-Pierre Ricard pensiun sebagai uskup Bordeaux pada 2019 tetapi ia tetap menjadi kardinal, sebab posisi itu biasanya dipegang seumur hidup.

Ilustrasi pelecehan seksual

Photo :
  • Freepik
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya