Rusia Tarik Pasukannya dari Kherson, Ukraina Mulai Rebut Kembali Desa-desa

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Rusia di wilayah Kherson
Sumber :
  • ria.ru

VIVA Dunia – Rusia memerintahkan pasukannya untuk menarik diri dari kota Kherson di Ukraina selatan, pada Rabu 10 November 2022, dalam pukulan besar lebih lanjut serangan balasan Ukraina.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

"Mulai tarik pasukan," kata Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, pada pertemuan yang disiarkan televisi dengan komandan Rusia di Ukraina, Sergei Surovikin.

Komandan telah mengusulkan "keputusan sulit" untuk mundur dari Kherson, dan mendirikan pertahanan di tepi timur Sungai Dnipro. Kota Kherson adalah pusat kota pertama yang direbut oleh Rusia selama "operasi militer khusus" di Ukraina dan satu-satunya ibu kota regional yang dikendalikan oleh pasukan Moskow sejak serangan dimulai pada 24 Februari.

Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina

VIVA Militer: Presiden Vladimir Putin dan Jenderal Sergei Shoigu

Photo :
  • foreignpolicy.com

Pasukan Ukraina selama berminggu-minggu telah merebut desa-desa menuju kota dekat Laut Hitam itu, dan para pemimpin yang ditempatkan Kremlin di Kherson telah menarik keluar warga sipil.

Houthi Tuding Arab Saudi hingga Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan

"Mereka hanya mencari jalan keluar dari situasi yang sulit. Fakta bahwa mereka dengan sengaja mengumumkan bahwa mereka pindah ke tepi kiri tidak mengejutkan siapa pun," kata juru bicara komando tentara selatan Ukraina, Natalia Gumeniuk, kepada AFP.

"Tapi kami mengerti bahwa kami masih harus berjuang," kata Gumeniuk, yang percaya bahwa pertempuran untuk Kherson belum berakhir.

Pejabat Ukraina dan warga sipil sama-sama menanggapi dengan skeptis terhadap pengumuman Rusia. Penasihat presiden Ukraina, Mykhaylo Podolyak, mengatakan beberapa tentara Rusia tetap berada di kota itu.

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU) di wilayah Kherson

Photo :
  • pbs.org

"Kami tidak melihat tanda-tanda bahwa Rusia meninggalkan Kherson tanpa perlawanan," katanya di Twitter.

"Ukraina membebaskan wilayah berdasarkan data intelijen, bukan pernyataan TV yang dipentaskan."

Kepala kelompok media pemerintah Rusia RT, Margarita Simonyan, mengatakan penarikan itu diperlukan agar tidak membiarkan pasukan Rusia terekspos di tepi barat Sungai Dnipro, dan "membuka jalan ke Krimea".

Kherson adalah salah satu dari empat wilayah Ukraina yang Rusia nyatakan telah dianeksasi pada bulan September. Pengumuman mundur itu datang hanya beberapa jam setelah para pejabat mengatakan wakil kepala wilayah Kherson yang dilantik Moskow, Kirill Stremousov, pendukung utama aneksasi, tewas dalam kecelakaan mobil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya