Menlu Retno Marsudi Peringatkan Situasi Terburuk dan Mengerikan jika Rusia Gunakan Senjata Nuklir

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi
Sumber :
  • ANTARA/HO-Kemlu RI/am

VIVA Dunia – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memperingatkan dunia akan bahaya besar dan situasi terburuk jika Rusia nekat menggunakan senjata nuklir untuk berperang dengan Ukraina. Apalagi Rusia telah terang-terangan memamerkan kepada dunia senjata nuklir yang dipunyainya.

Situasi pertama, katanya dalam wawancara eksklusif dengan VIVA pada program The Interview di Jakarta pada Selasa, 1 November 2022, negara lain yang juga memiliki senjata nuklir akan terdorong untuk menggunakan senjata pemusnah massal itu. Ketika itu terjadi, situasi berikutnya, berarti dunia telah memasuki perang dunia ketiga.

"Kalau ada yang men-trigger (memicu peluncuran senjata nuklir), emangnya yang lain akan diam?" katanya, berargumentasi tentang efek berantai setelah Rusia, misalnya, memulai menggunakan senjata nuklir. "Dan yang memiliki senjata nuklir enggak cuma satu."

VIVA Militer: Rudal balistik nuklir Angkatan Bersenjata Rusia (VSRF)

VIVA Militer: Rudal balistik nuklir Angkatan Bersenjata Rusia (VSRF)

Photo :
  • worldpoliticsreview.com

Dalam kondisi normal, parade senjata nuklir Rusia pada Oktober lalu dapat dimaknai sebagai sebatas aksi pamer kepada dunia. Tetapi, menurut Retno, dalam situasi panas dan sedang berperang melawan Ukraina, aksi tersebut tidak dapat hanya dimaknai unjuk kekuatan saja melainkan maklumat kesiapan perang dengan senjata pamungkas dan mematikan.

"Saya ingin memosisikan sebagai orang umum. Enggak salah bahwa parade itu ... tapi juga punya makna [pernyataan tersirat], 'Gua punya, ya, jadi gua punya, gua siap'. Ini tidak main-main," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title